14 Oktober 2025
14:30 WIB
Dukung Program Bioetanol, Pertamina Siap Edukasi Publik
Pertamina Patra Niaga siap berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengedukasi masyarakat soal pemanfaatan bioetanol. Perseroan menyambut baik bioetanol 10% atau E10.
Editor: Khairul Kahfi
Ilustrasi - Seseorang yang sedang mengisi BBM beretanol di sebuah SPBU. Dimodifikasi dari Shutterstock/Africa Studio
JAKARTA - PT Pertamina Patra Niaga siap berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait untuk mengedukasi masyarakat terkait pemanfaatan bahan bakar dengan campuran etanol atau bioetanol.
Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo Putra mengatakan, perseroan menyambut baik program pemerintah soal pemanfaatan bioetanol sampai dengan bauran 10% atau etanol 10% (E10).
Baca Juga: Serius Beralih Ke Energi Bersih, Pemerintah Kaji Pengembangan E10
Menurut dia, selain sudah menjadi best practice di negara-negara maju, langkah tersebut sejalan Asta Cita Presiden Prabowo Subianto untuk energi hijau serta salah satu upaya menuju kemandirian energi.
"Sebagai perusahaan layanan publik, kami memahami perlunya edukasi kepada masyarakat dan konsumen apabila terdapat perubahan kebijakan terkait dengan BBM," katanya melansir Antara, Jakarta, Selasa (14/10).
Baca Juga: E10 Jadi BBM Wajib? Bahlil Siapkan Peta Jalan Etanol 10%
Mars Ega pun menyambut baik bahwa pabrikan otomotif juga telah mengantisipasi dengan teknologi kendaraan yang mampu menggunakan bioetanol sebagai bahan bakarnya.
"Hal ini tentunya membuka ruang kepada kami selaku penyedia layanan BBM untuk berkolaborasi, bersama-sama pabrikan otomotif, akademisi, dan praktisi dalam melakukan edukasi publik untuk mendukung program pemerintah," ujarnya.
Negosiasi B2B Pihak Swasta
Menurut Mars Ega, kerja sama business to business (B2B) dengan pihak swasta masih dalam tahap negosiasi. Proses ini mengutamakan skema saling menguntungkan, serta menghormati prosedur internal setiap perusahaan.
Dengan begitu, layanan kepada masyarakat luas dapat segera terealisasi. Pertamina Patra Niaga juga terbuka atas masukan dan saran dari masyarakat dan berkomitmen terus melakukan perbaikan.
Baca Juga: Lindungi Konsumen, BPKN Desak Uji Coba Zonasi BBM Beretanol
Meski tidak mudah, ia melanjutkan, memberikan layanan terbaik kepada masyarakat dari Sabang hingga Merauke sudah menjadi tugas dan tanggung jawab perusahaan.
"Saat ini, kami terus mengakselerasi perbaikan layanan di sektor ritel SPBU melalui program Retail Make Over, di antaranya melakukan perbaikan dan penataan toilet dan musala, kepastian kualitas BBM dan house keeping SPBU agar dapat memberikan kenyamanan konsumen selama di SPBU," kata Mars Ega.
Baca Juga: Pertamina Beberkan Best Practice Penggunaan Etanol Di BBM, Eropa-AS
Selain itu, Pertamina Patra Niaga juga memberikan program undian MyPertamina Tebar Hadiah sampai akhir Oktober 2025 sebagai program apresiasi konsumen.
"Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada segenap masyarakat atas kepercayaan, kepedulian dan masukan yang diberikan kepada kami, baik secara langsung melalui contact center 135 atau tidak langsung untuk kebaikan perusahaan," ujarnya.