c

Selamat

Sabtu, 27 April 2024

EKONOMI

28 Maret 2024

16:38 WIB

UKM Diminta Utamakan Praktik Produksi Ramah Lingkungan

Sebagai komponen utama sektor perekonomian, UKM memiliki tanggung jawab untuk mengutamakan praktik produksi yang ramah lingkungan untuk memastikan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Penulis: Nuzulia Nur Rahma

Editor: Fin Harini

UKM Diminta Utamakan Praktik Produksi Ramah Lingkungan
UKM Diminta Utamakan Praktik Produksi Ramah Lingkungan
Ilustrasi. Seorang perajin batik mengeringkan kain batik yang telah selesai diproses menggunakan pewarna alami mangrove di Desa Klaces, Kampung Laut, Cilacap, Jateng, Kamis (4/11/2021). ANTARAFOTO/Idhad Zakaria

JAKARTA - Asisten Deputi Delimitasi Zona Maritim dan Kawasan Perbatasan Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Kemenko Marves) Sora Lokit mengatakan, sebagai komponen utama sektor perekonomian, UKM memiliki tanggung jawab untuk mengutamakan praktik produksi yang ramah lingkungan untuk memastikan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Menurutnya, peranan penting ini juga harus disertai dengan dukungan konkret dari para pemangku kebijakan, termasuk pemerintah dan platform e-commerce untuk memastikan UKM menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi, sekaligus menjadi pelopor penerapan aspek keberlanjutan dalam operasional bisnis.

"Di tengah pertumbuhan ekonomi yang pesat, kita tidak boleh melupakan tanggung jawab atas tantangan lingkungan yang semakin mendesak terhadap bumi," kata dia dalam acara Lazada Sustainability Academy Awards 2024, dikutip, Kamis (28/3).

Dia menyebutkan, perkembangan ekosistem ekonomi digital Indonesia yang pesat telah berdampak besar pada nilai ekonomi Indonesia dan kemaslahatan konsumen serta bisnis lokal. Akan tetapi, pertumbuhan pesat ekonomi digital Indonesia juga menyebabkan peningkatan limbah plastik.

Baca Juga: Berbisnis Sembari Memberdayakan Ala Shibiru

Sebagai catatan, data SIPSN KLHK menyebutkan, pada 2023 terdapat 17,4 juta ton timbulan sampah tahunan yang dihasilkan dengan 5,8 juta ton atau 33,5% sampah lainnya belum terkelola. 

Menurut Sora, masih tingginya jumlah sampah yang belum terkelola menjadikan isu lingkungan menjadi salah satu permasalahan yang membutuhkan penanganan serius segera dari setiap pemangku kepentingan.

Pada kesempatan tersebut, SVP, Logistics, Lazada Indonesia, Adiputra Wiharja mengatakan, permasalahan lingkungan turut mendorong Lazada untuk berfokus pada upaya pertumbuhan berkelanjutan dalam ekosistem digitalnya.

“Kami menyadari bahwa upaya keberlanjutan selayaknya menjadi upaya kolektif di antara semua pemangku kepentingan di ekosistem ekonomi digital Lazada. Karena itulah, kami tidak hanya berfokus pada upaya keberlanjutan di dalam perusahaan sendiri, namun juga mendorong para pelaku bisnis lainnya," kata dia.

Adiputra menuturkan, dorongan ini dilakukan untuk lebih memahami konsep keberlanjutan dan mengintegrasikannya ke dalam operasional bisnis, namun tetap memberikan keuntungan bagi pelaku bisnis.

Agar dapat berperan dalam pengelolaan limbah sampah, Lazada Logistics menyediakan paket ramah lingkungan dengan menggunakan kardus karton bersertifikasi Forest Stewardship Council (FSC) serta kertas serut daur ulang sebagai pengganti plastik bagi pengiriman paket dari brand dan penjual yang tergabung dalam layanan Fulfillment by Lazada (FBL).

Lazada Sustainability Academy Awards 2024
Selain itu Lazada Indonesia melalui unit bisnis Lazada Logistics menghadirkan Lazada Sustainability Academy Awards 2024 untuk mendorong operasional berkelanjutan dari para pelaku bisnis, baik dari kerangka lingkungan, sosial, maupun tata kelola bisnis (environment, social, and governance-ESG),

Agenda ini juga sekaligus mengapresiasi para pelaku bisnis yang mulai bergerak ke arah operasional yang berkelanjutan. Lazada Sustainability Academy Awards 2024 sendiri merupakan bagian dari inisiatif dalam kerangka ESG dari Lazada Group, Lazada Sustainability Academy (LSA).

"Lazada Sustainability Academy Awards 2024 ini menjadi upaya kami untuk memberikan apresiasi kepada para penjual di Lazada yang memiliki kepedulian serta mulai bertransformasi ke arah keberlanjutan di dalam operasional bisnisnya,” sebut Adiputra.

Baca Juga: Ecoprint; Bisnis Menjanjikan Dari Kain Ramah Lingkungan

Selanjutnya, Lazada memberikan penghargaan kepada para penjual yang sudah mulai bertransformasi ke arah keberlanjutan. Lima pemenang dalam Lazada Sustainability Academy Awards 2024 dipilih berdasarkan empat parameter penilaian, yaitu Purpose (sosial), Profit (ekonomi), People (manusia), serta Planet (lingkungan).

Kelima pemenang tersebut akan mendapatkan hadiah uang Rp20 juta dan penghargaan yang bisa digunakan dalam transformasi mereka menuju operasional berkelanjutan. Kelima penjual Lazada pemenang LSA Awards 2024 adalah Berkah Wangi Parfum, Al-Mubarokah Herbal, GUDANG JEAN’S, chipa dan Damai Fashion.  

“Harapan kami, acara Lazada Sustainability Academy Awards dapat menjadi katalis dalam pengadopsian model bisnis berkelanjutan bagi para penjual yang berjualan secara online, sehingga mengurangi limbah, melestarikan sumber daya, dan berkontribusi terhadap bumi yang lebih sehat,” tutup Adiputra.

Powered by Froala Editor


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar