c

Selamat

Minggu, 16 November 2025

EKONOMI

26 Agustus 2023

14:11 WIB

Tip Cara Branding UMKM di Platform E-commerce

Branding menjadi salah satu komponen yang tidak boleh dilupakan begitu saja oleh UMKM, untuk mendorong penjualan di e-commerce.

Penulis: Nuzulia Nur Rahma

Editor: Fin Harini

Tip Cara <i>Branding</i> UMKM di Platform <i>E-commerce</i>
Tip Cara <i>Branding</i> UMKM di Platform <i>E-commerce</i>
Pekerja memasarkan produk UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) jahe maher binaan Kelurahan Jatirangga melalui e-commerce di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (12/1/2023). Antara Foto/ Fakhri Hermansyah

JAKARTA - Dengan kemajuan teknologi digital saat ini, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bisa memanfaatkan berbagai macam platform berjualan agar efektif. Namun dalam prosesnya, branding menjadi salah satu komponen yang tidak boleh dilupakan begitu saja.

Bagi bisnis skala kecil, branding seringkali diabaikan karena dianggap tidak begitu penting atau bahkan terlalu mahal untuk diimplementasikan. Namun sebenarnya, branding memiliki peran penting untuk memperkuat identitas bisnis dan meningkatkan daya saing di pasar yang semakin kompetitif.  

Branding merupakan proses membangun citra atau identitas suatu merek atau produk dalam benak konsumen. Branding penting bagi semua jenis bisnis. Tapi bagaimana ya caranya agar branding dapat diimplementasikan dengan lebih efektif dan efisien? Berikut simak tipnya.

Bagi UMKM yang berjualan di platform e-commerce, penting untuk menerapkan strategi yang berfokus pada desain toko Anda. Ini, dapat dilakukan dengan sebaik mungkin dengan membuat desain toko yang terbaik dan menarik untuk membuat calon pelanggan berkunjung ke toko Anda.  

Baca Juga: Agar Tetap Eksis, UMKM Perlu Branding dan Komunikasi

Melansir dari laman Tokopedia, dalam menpercantik desain toko, penjual bisa menggunakan template untuk toko, seperti skema warna yang sama dan penempatan logo secara konsisten.

Lalu, penjual juga bisa memberikan informasi toko sedetail mungkin. Ini harus diterapkan karena informasi ini membantu menyampaikan pesan yang ingin Anda sampaikan kepada calon pelanggan.

Memperluas branding toko juga bisa dilakukan dengan menyisipkan hal-hal yang mencerminkan toko Anda, seperti logo dan nama toko ketika Anda menerima telepon atau mengirim email kepada orang-orang yang terkait dengan bisnis Anda. Hal ini bisa menjadi pacuan untuk calon pelanggan dalam mengingat toko Anda

Selain mempercantik desain toko, memperhatikan detail kecil pada halaman produk juga menjadi hal yang krusial. Saat mengunjungi halaman produk, akan banyak pertimbangan yang dapat mendorong calon Pembeli untuk melanjutkan ke proses selanjutnya. Inilah yang menjadi alasan pentingnya membuat halaman produk yang menarik dan informatif.

Melansir dari laman Shopee, berikut cara memaksimalkan komponen pada halaman produk:

1. Foto & Video Produk
Foto Produk
Foto produk yang baik sangat penting untuk menarik calon Pembeli. Foto berkualitas tinggi dan relevan dapat memperlihatkan produk dengan jelas kepada Pembeli. Beberapa hal perlu diperhatikan saat membuat foto produk:

  • Usahakan untuk menggunakan foto asli.
  • Gunakan latar belakang berwarna putih atau polos agar produk Anda terlihat menonjol.
  • Pastikan foto memiliki pencahayaan yang baik, sehingga dapat menghasilkan gambar yang jelas dan tajam.
  • Pastikan foto yang dihasilkan memiliki resolusi tinggi.
  • Ambil foto dari berbagai sisi.
  • Hindari meng-edit foto secara berlebihan yang dapat mengubah warna atau bentuk asli produk

Video Produk
Selain menggunakan foto produk, Anda dapat menambahkan video untuk mengoptimalkan halaman produk. Video produk yang jelas dan berkualitas dapat membantu calon Pembeli mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang produk yang dijual karena untuk beberapa jenis produk, video dapat menyampaikan pesan lebih baik daripada teks atau gambar.

2. Nama Produk
Penggunaan nama produk yang efektif akan berpengaruh pada urutan atau posisi produk tersebut di halaman pencarian. Maka dari itu, pastikan penamaan produk telah sesuai dengan ketentuan platform agar produk Anda mudah untuk ditemukan. 

Baca Juga: UMKM Mamin Mau Merambah Ke Digital? Berikut Tip Ala Tokopedia

3. Deskripsi Produk
Fungsi utama deskripsi produk adalah menjelaskan secara rinci tentang produk yang dijual. Saat calon Pembeli mencari suatu produk, mereka cenderung mencari informasi tentang produk tersebut di deskripsi produk. Untuk itu, penting bagi Penjual untuk membuat deskripsi produk yang rinci dan jelas.

Selain itu, deskripsi produk yang rinci dan informatif juga menggambarkan keseriusan toko Anda dalam berjualan. Deskripsi produk yang jelas akan membantu meyakinkan Pembeli untuk belanja di toko Anda. Berikut adalah panduan penulisan deskripsi produk yang baik:

  • Berikan informasi dengan jelas dan lengkap tentang produk yang dijual seperti keunggulan/manfaat produk, spesifikasi/fitur/bahan utama produk, kelengkapan produk, garansi dan variasi produk.
  • Buat deskripsi produk yang mudah dimengerti. Agar deskripsi produk mudah dimengerti, gunakan kata-kata yang mudah dimengerti. Lalu, letakkan informasi penting seperti keunggulan atau fungsi produk di awal paragraf. Membuat deskripsi produk dengan poin-poin juga membantu calon pembeli memahami produk.
  • Anda juga dapat menginformasikan terkait kebijakan toko seperti jam pelayanan toko, estimasi pengiriman, dan layanan jasa kirim yang tersedia di toko Anda.

KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar