c

Selamat

Minggu, 16 November 2025

EKONOMI

12 Agustus 2023

09:17 WIB

UMKM Mamin Mau Merambah Ke Digital? Berikut Tip Ala Tokopedia

Tokopedia menyebut terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan pelaku UMKM mamin untuk mengundang cuan lebih besar.

Penulis: Nuzulia Nur Rahma

Editor: Fin Harini

UMKM Mamin Mau Merambah Ke Digital? Berikut Tip Ala Tokopedia
UMKM Mamin Mau Merambah Ke Digital? Berikut Tip Ala Tokopedia
Seseorang mengakses aplikasi Tokopedia dengan latar belakang layar monitor. ValidNewsID/Arief Rachman

JAKARTA - Menjadi UMKM makanan dan minuman bisa menjadi alternatif usaha yang menguntungkan. Ini lantaran makanan dan minuman menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia yang akan selalu dibutuhkan. Apalagi saat ini banyak bisnis yang dikelola secara digital, ini akan semakin memudahkan UMKM dalam memperluas pangsa pasar.

F&B Category Development Senior Lead Tokopedia, Sherine Pranata membagikan beberapa tip agar UMKM di industri makanan dan minuman bisa memanfaatkan platform digital untuk berjualan.

Pertama, UMKM harus cermat dalam mengamati tren yang diminati masyarakat. Pemahaman akan tren ini, menurutnya, menjadi hal penting agar bisnis bisa peka terhadap keadaan pasar hingga akhirnya bisa melakukan inovasi bisnis serta mengundang cuan lebih.

Baca Juga: Ini Dia Tren Penjualan Makanan dan Minuman Di Tokopedia

Kedua, UMKM harus memastikan produknya memiliki deskripsi dan gambar yang baik. Deskripsi produk tersebut harus mendetail, mulai dari bahan bakunya apa saja, lalu varian dan deskripsi rasa, berat tiap kemasan dan lainnya. 

Untuk mendukung deskripsi tadi, UMKM perlu membuat gambar produk yang terlihat clean agar calon pembeli bisa melihat detail produk dan tertarik untuk membeli. 

"Karena itu sangat penting untuk menentukan apakah pembeli tertarik untuk mengklik produknya atau tidak. Juga produk harus menggunakan nama-nama yang pastinya gampang dikenali dan gampang di-search oleh pengguna di Tokopedia," jelasnya kepada Validnews, Jumat (11/8).

Terakhir, ia menyarankan agar UMKM aktif mengikuti kampanye yang telah dihadirkan di Tokopedia. Ia menuturkan terdapat banyak kesempatan yang bisa dicoba oleh UMKM. Misalnya flash sale kejar diskon, yang membuat puluhan pilihan makanan dan minuman favorit dapat diperoleh dengan harga ramah kantong setiap harinya.

Ia pun mengundang UMKM agar bergabung di Tokopedia. Ia menyebut Tokopedia telah menyediakan tempat untuk semua pegiat usaha lokal dari segala skala bisnis dan juga berbagai macam produk makanan dan minuman.

"Mereka bisa join dan itu juga sangat mudah bisa langsung di halaman khusus Tokopedia Nyam! Jadi kita akan mengkurasi lagi dari beberapa kriterianya karena memang makanan dan minuman sedang banyak diminati juga, banyak dicari," katanya.

Baca Juga: Kemenperin Sebut IKM Mamin Punya Peran Pemberdayaan Masyarakat

Berikut penjelasan soal Tokopedia Nyam!:
1. Program terbuka bagi semua Seller Power Merchant & Official Store pada kategori Makanan dan Minuman. Namun diutamakan untuk produk yang termasuk ke dalam kategori Ready to Eat (Makanan Siap Santap), Ready to Drink (Minuman) & Ready to Cook (Siap Masak).
2. Produk harus menggunakan penamaan yang tepat, deskripsi lengkap, dan foto produk yang jelas sesuai dengan standar Tokopedia.
3. Produk yang dijual merupakan produk makanan asli dari toko Seller (bukan Reseller).
4. Seller wajib berpartisipasi dan memberikan promosi seperti diskon saat kampanye Tokopedia NYAM! berlangsung.
5. Tingkat kepuasan pembeli minimal harus terdiri dari 80% 'Puas', dan tidak lebih dari 10% 'Kecewa'.
6. Produk telah terjual minimal 10 kali.
7. 'Nilai Kualitas Produk' Seller minimal 4,5 setiap bulannya.
8. Seller harus mempertahankan kecepatan pemrosesan menjadi 'Sangat Cepat' setiap bulannya.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar