19 Januari 2023
08:00 WIB
Penulis: Fitriana Monica Sari
JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan inisiatif digital financial literacy (DFL) berupa games Smart Digital Indonesia. Peluncuran games literasi digital ini disebut sebagai peran aktif OJK dalam upaya peningkatan literasi keuangan digital.
Games Smart Digital Indonesia yang diluncurkan pada Desember 2022, saat ini sudah memiliki empat modul literasi keuangan digital. Yakni, pemilihan produk keuangan, cyber ninja, fintech lending, dan kanal pengaduan kosumen.
Adapun, mulai Desember 2022, games ini sudah dapat diunduh melalui Apple Store. Sebelumnya, games telah dirilis terlebih dahulu di PlayStore pada 2 April 2021 dan update terakhir pada 30 November 2022.
"Inisiatif pembuatan games literasi digital ini dilakukan OJK untuk menciptakan ekosistem keuangan digital yang kuat, bertanggung jawab, dan memperhatikan aspek perlindungan konsumen di tengah tingkat literasi layanan keuangan digital yang masih rendah pada masyarakat Indonesia," kata Direktur Humas OJK, Darmansyah melalui siaran pers, Rabu (18/1).
Baca Juga: OJK Ungkap Penyebab Perusahaan Gagal Lakukan Transformasi Digital
Asal tahu saja, berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang diselenggarakan OJK di tahun 2022, indeks literasi keuangan digital dan indeks inklusi keuangan digital di Indonesia menunjukkan angka 41% dan 72%.
Nilai tersebut menunjukkan cukup banyak masyarakat yang telah memanfaatkan layanan keuangan digital tanpa memiliki pengetahuan yang memadai.
"Hal ini telah menjadi perhatian khusus OJK, karena kurangnya literasi masyarakat dalam penggunaan layanan keuangan digital akan memunculkan risiko-risiko baru," ujarnya.
Baca Juga: OJK dan Industri Keuangan Diminta Jaga Momentum Perekonomian
Inisiatif games Smart Digital Indonesia ini juga disambut baik oleh Ketua Dewan Komisioner OJK dan Anggota Dewan Komisioner OJK yang Membidangi Edukasi dan Perlindungan Konsumen, mengingat program ini diharapkan dapat meningkatkan awareness dan pemahaman konsumen serta menjadi katalis dalam usaha mencapai target inklusi keuangan khususnya keuangan digital yang telah ditetapkan oleh pemerintah.
Hingga kini, Games Smart Digital Indonesia sudah diunduh lebih dari 10 ribu masyarakat melalui aplikasi Google Play Store dan mendapatkan respons positif dalam peningkatan literasi keuangan digital.
"Games ini mengilustrasikan kondisi sehari-hari yang dirasakan oleh pengguna dalam mengadopsi layanan keuangan digital, sehingga dapat membantu pemahaman masyarakat agar lebih melek terhadap inovasi keuangan digital," ucap Darmansyah.