10 Oktober 2024
13:51 WIB
Lazada Luncurkan Laman Khusus Kota Surabaya
Lazada Indonesia (Lazada) menjadikan Surabaya sebagai salah satu kota fokus utama perusahaan dengan meluncurkan Lazada Surabaya bersamaan dengan dimulainya festival belanja online10.10.
Penulis: Nuzulia Nur Rahma
Laman khusus Surabaya di aplikasi Lazada. Dok. Lazada
JAKARTA - Lazada Indonesia (Lazada) menjadikan Surabaya sebagai salah satu kota fokus utama perusahaan dengan meluncurkan Lazada Surabaya bersamaan dengan dimulainya festival belanja online10.10.
“Lazada di Surabaya, memudahkan masyarakat Surabaya untuk melakukan penjualan maupun pembelian barang secara online melalui aplikasi Lazada,” kata CEO Lazada Indonesia, James Chang dalam pernyataan resmi, Kamis (10/10).
Data Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia pada tahun 2024 menunjukkan Provinsi Jawa Timur menyumbang 25% perekonomian di Pulau Jawa, kedua terbesar setelah Jakarta.
Menurut data dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, terdapat 4,6 juta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Jawa Timur yang sudah melek digital, termasuk yang berasal dari Kota Surabaya dan sekitarnya.
Baca Juga: TikTok Shop Kembali ke Tanah Air, Ini Tanggapan CEO Lazada Indonesia
“Oleh karena itu, Surabaya sebagai kota terbesar di Jawa Timur dan kedua terbesar di Pulau Jawa dinilai memiliki daya saing untuk mengembangkan ekosistem ekonomi digital yang tangguh, dengan tingkat ekonomi dan konsumsi yang kuat,” terang dia.
James menjelaskan, upaya hiperlokal yang dilakukan Lazada berangkat dari pemahaman mengenai kebutuhan masyarakat yang bervariasi di setiap daerah di Indonesia.
“Kehadiran kami di Surabaya dilakukan secara holistik, tidak hanya pada pengembangan fitur dan penawaran yang ada di aplikasi, namun juga dari sisi infrastruktur operasional logistik,” jelas dia.
Nantinya, Lazada di Surabaya akan diperkuat melalui peluncuran laman khusus Surabaya di aplikasi Lazada, menghadirkan kantor daerah dan tim khusus Surabaya, serta pengembangan sistem pergudangan dan logistik lokal.
Baca Juga: Ini Kata Lazada Soal Revisi Permendag Yang Baru
“Mendekatkan rantai pasokan kepada pelanggan di Surabaya menjadi fokus utama kami di Lazada Surabaya ini, untuk memastikan para pelanggan bisa mendapatkan barang pesanannya secara mudah, aman, dan tepat waktu. Karena itu kami melakukan pengembangan sistem pergudangan dan logistik di Surabaya,” tambah James.
Dia menuturkan, upaya pemberdayaan brand dan UMKM asli Surabaya dilakukan untuk memastikan produk yang banyak dicari pelanggan tidak hanya terjamin ketersediaan dan kualitasnya, namun juga dekat dengan pelanggan.
Sementara itu, penjual lokal diuntungkan dengan layanan logistik Lazada yang menjangkau pelanggan di Surabaya secara spesifik dan tepat sasaran.
“Didukung mitra perusahaan logistik dan pengiriman lokal yang memiliki penguasaan daerah yang mumpuni, Lazada mengembangkan sistem logistik yang menyeluruh di Surabaya,” kata dia.