12 Maret 2025
15:43 WIB
Kredivo Optimistis Belanja Pakai Paylater Akan Meningkat Selama Ramadan
Kredivo optimistis belanja menggunakan paylater akan meningkat selama Ramadan 2025. Setiap tahun selalu ada kenaikan belanja offline memakai paylater selama Ramadan.
Penulis: Gemma Fitri Purbaya
Editor: Khairul Kahfi
Ilustrasi - Pengguna sedang menggunakan fitur aplikasi Kredivo. Dok Kredivo
JAKARTA - Kredivo optimistis belanja menggunakan paylater akan mengalami peningkatan selama Ramadan tahun ini. Data internal Kredivo mencatat, setiap tahun selalu ada kenaikan belanja offline memakai paylater selama bulan Ramadan.
"Kondisi ini membuat kami optimis bahwa penggunaan paylater pada Ramadan tahun ini akan kembali meningkat," kata SVP Marketing and Communications Kredivo Indina Andamari, Jakarta, Rabu (12/3).
Selama Ramadan 2024, misalnya, transaksi belanja offline pengguna Kredivo meningkat sampai tiga kali lipat dibandingkan Ramadan 2023 dengan puncak transaksi terjadi di pekan kedua Ramadan. Penggunaan Kredivo di luar Jabodetabek juga tumbuh secara signifikan sekitar 25% pada periode yang sama.
Baca Juga: OJK Prediksi Penggunaan Paylater Naik Jelang Lebaran
Tidak hanya itu, jumlah transaksi di luar Pulau Jawa juga melonjak hingga 37%. Sepanjang Ramadan 2024, kategori produk yang paling banyak dibeli mencakup Pulsa dan Voucher, Kesehatan dan Kecantikan, serta Fesyen.
Dari sisi profil pengguna, 71% transaksi dilakukan oleh pengguna berusia 20-35 tahun. Maka dari itu, Indina kembali optimistis penggunaan paylater akan meningkat pada Ramadan 2025.
"(Data) ini juga menegaskan bahwa paylater telah bertransformasi dari sebuah opsi pembiayaan menjadi solusi finansial utama yang diandalkan masyarakat untuk mengatur cash flow, terutama di momen-momen dengan kebutuhan belanja tinggi seperti Ramadan," jelasnya.
Dia melanjutkan, momen Ramadan selalu identik dengan lonjakan kebutuhan belanja masyarakat. Karena itu, meski diwarnai dengan dinamika kondisi ekonomi dalam beberapa waktu terakhir, konsumsi selama Ramadan tahun ini diproyeksi akan tetap meningkat.
Salah satunya didorong oleh kebijakan stimulus konsumsi yang dikeluarkan oleh pemerintah, seperti pemberian diskon tiket pesawat dan program belanja nasional.
"Untuk mendukung penggunaan paylater selama Ramadan, Kredivo pun menghadirkan kampanye #SALEturahmi," paparnya.
Kampanye tersebut hadir untuk mendukung masyarakat dalam memenuhi ragam kebutuhan Ramadan secara fleksibel dan terjangkau. Kampanye tersebut juga menawarkan berbagai promo seperti bebas cicilan 1 bulan hingga cashback Kredivo Points.
Baca Juga: Kemudahan Di Balik Paylater: Peluang atau Lingkaran Utang Baru?
Kredivo berharap, kampanye tersebut juga dapat mendukung masyarakat dalam merayakan Ramadan dengan nyaman tanpa perlu khawatir kondisi keuangan menjadi terganggu.
"Melalui kampanye ini, Kredivo ingin hadir sebagai solusi pembayaran yang membantu masyarakat untuk pemenuhan kebutuhan sekaligus mengelola cash flow dengan baik selama Ramadan," ucapnya.
Kampanye #SALEturahmi Kredivo berlangsung mulai dari 28 Februari-29 Maret 2025. Sepanjang periode tersebut, pengguna dapat menikmati berbagai penawaran seperti cashback Kredivo Points untuk transaksi di merchant yang terintegrasi dan promo bebas cicilan 1 bulan untuk pembelian gadget.
Pengguna juga berkesempatan memenangkan hadiah menarik dengan memainkan gim spesial di aplikasi Kredivo.
"Tradisi belanja masyarakat ketika Ramadan tidak sekadar soal memenuhi kebutuhan pribadi, tetapi juga berbagi kebahagiaan dengan keluarga dan kerabat," sebutnya.