c

Selamat

Sabtu, 27 April 2024

EKONOMI

28 Maret 2024

18:27 WIB

Jenius: Digital Savvy Optimis Tambah Konsumsi di Ramadan

Berdasarkan survei, Jenius melihat perubahan alokasi uang THR, serta peningkatan opsi pinjaman atau kredit yang dilakukan masyarakat digital savvy pada Ramadan 2024.

Penulis: Aurora K M Simanjuntak

Editor: Fin Harini

Jenius: <i>Digital Savvy</i> Optimis Tambah Konsumsi di Ramadan
Jenius: <i>Digital Savvy</i> Optimis Tambah Konsumsi di Ramadan
Seorang nasabah menggunakan Jenius saat berwisata ke luar negeri. Dok/Jenius

JAKARTA - Digital banking milik PT Bank BTPN Tbk, Jenius melakukan survei terhadap 233 responden yang merupakan masyarakat digital savvy dan melihat ada perubahan pengalokasian tunjangan hari raya (THR).

Digital Banking Partnership Head Bank BTPN Febri Rusli mengatakan, pola alokasi uang THR pada 2024 berbeda dibandingkan tahun lalu. Tahun ini, masyarakat digital savvy lebih percaya diri untuk melakukan berbagai kegiatan konsumsi pada Ramadan 2024.

Contohnya seperti membuka bisnis, pergi liburan, hingga renovasi rumah. Hal itu dimuat dalam survei Jenius yang bertajuk "Jenius Study: Perilaku Masyarakat Digital Savvy selama Ramadan dan Jelang Idulfitri 2024".

Baca Juga: Jenius Susun Strategi di Tengah Menjamurnya Bank Digital

"Pada Ramadan tahun ini, kami melihat adanya pergeseran alokasi THR dari masyarakat digital savvy dibandingkan dengan tahun sebelumnya," ujar Febri dalam keterangan tertulis, Jumat (28/3).

Febri menyampaikan pada 2023, mayoritas digital savvy fokus menabung THR (41%). Sementara sisanya, 40% menggunakan THR untuk belanja kebutuhan Ramadan, dan 19% lainnya memilih menginvestasikan THR mereka.

Tahun ini, para digital savvy mengalokasikan THR untuk belanja keperluan Ramadan, di mana angkanya naik menjadi 52%. Sementara porsi THR untuk ditabung dan berinvestasi masing-masing sebesar 29% dan 19%.

Dia menerangkan perubahan cara mengelola THR itu sejalan dengan proyeksi 58% masyarakat digital savvy yang merasa pengeluarannya berpotensi meningkat di Ramadan 2024.

Jenius melihat alokasi pengeluaran tersebut terbagi menjadi beberapa keperluan. Seperti halnya, membeli baju baru (43%), mudik (30%), zakat dan sedekah (30%), membeli makanan sahur dan buka puasa (29%), serta acara buka puasa bersama (29%).

Febri mengungkapkan selain untuk keperluan Ramadan, masyarakat digital savvy juga menggunakan THR untuk melunasi cicilan atau utang, modal bisnis, liburan, renovasi rumah, dan membeli gadget atau barang elektronik.

Dari survei, Jenius juga menangkap perilaku masyarakat digital savvy yang cenderung memilih opsi pinjaman atau kredit. Pinjaman pun dinilai sebagai salah satu upaya untuk mengantisipasi kebutuhan ekstra.

"Dibandingkan tahun lalu, jumlah masyarakat digital savvy yang memilih opsi pinjaman meningkat sebesar 13%," tutur Digital Banking Partnership Head Bank BTPN.

Baca Juga: THR Cair, Berikut Tip Kelola Berdasarkan Profil Risiko

Febri menyampaikan menurut hasil survei, sebanyak 35% dari mereka berencana mengambil pinjaman selama bulan Ramadan 2024 untuk berbagai keperluan. Di antaranya menyambut Lebaran (60%), modal usaha (46%), dan renovasi rumah (18%).

Sejalan dengan kebutuhan dan perilaku tersebut, Jenius Study juga turut memperlihatkan lima fitur favorit masyarakat digital savvy untuk membantu pengelolaan keuangan selama Ramadan dan Idulfitri. Ada Flexi Cash, Jenius QR, Jenius Paylater, Kartu Kredit Jenius, dan Kartu Debit Jenius.

Meski ada perubahan alokasi THR dan peningkatan opsi peminjaman, survei Jenius menilai masyarakat digital savvy lebih optimis melakukan kegiatan konsumsi. Hal itu membuat ada perbedaan pola keuangan dari tahun lalu.

"Perilaku ini pun menciptakan pergeseran cara masyarakat digital savvy dalam mengelola Tunjangan Hari Raya (THR) pada tahun ini dibanding 2023, khususnya dari alokasi untuk pengeluaran, menabung, dan investasi," tutup Febri.

Powered by Froala Editor


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar