07 Maret 2023
18:21 WIB
Penulis: Nuzulia Nur Rahma
Editor: Fin Harini
JAKARTA - Blibli cabang Jawa Timur resmi bersinergi dengan Asosiasi Pengusaha Kafe dan Resto Indonesia (APKRINDO) setempat, guna memperkuat ekosistem omnichannel commerce yang terintegrasi melalui penambahan pilihan kafe dan restoran terbaik dengan banyak penawaran menarik bagi masyarakat Surabaya.
Pemilihan wilayah ini lantaran data APKRINDO yang mencatat Kota Surabaya yang memiliki pertumbuhan cukup baik pada industri food and beverage (F&B) hingga 20% pertahun.
Sekadar informasi, industri F&B sendiri menjadi salah satu industri yang tetap tumbuh di masa pandemi covid-19. Data tahun 2021 dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) industri ini mencapai 2,54%, lebih baik dari tahun sebelumnya yang hanya mencatat pertumbuhan 1,58%.
Sesuai yang tercantum dalam nota kesepahaman yang dilakukan kedua belah pihak, langkah ini akan membawa lebih dari 250 kafe dan restoran terbaik di bawah naungan APKRINDO Jawa Timur bergabung memberikan promo menarik di dalam Blibli Deals.
Baca Juga: IPO Blibli, Grup Djarum Tak Akan Cabut Sebagai Pengendali
“Bersama dengan APKRINDO, sinergi ini menjadi salah satu strategi Blibli untuk memperbanyak seller lokal di Surabaya. Pada tahun 2022, Blibli di Jawa Timur mencatat lebih dari 65% untuk pertumbuhan jumlah seller Year-on-Year (YoY)," kata AVP of Branch Surabaya Blibli Didi Tjandra, Selasa (7/3).
Lewat strategi hyperlocal ini, dia optimis dapat menambah pilihan F&B dari lebih 250 restoran dan kafe untuk memenuhi referensi kuliner dengan harga terbaik dan rewarding bagi pelanggan di Kota Surabaya.
Dia juga mengatakan, kerja sama ini semakin menegaskan komitmen Blibli dalam menyediakan berbagai kurasi produk terbaik untuk memenuhi seluruh kebutuhan dan gaya hidup masyarakat Surabaya dengan manfaat yang bernilai lebih. Termasuk poin rewards dari tiap transaksi yang bisa digunakan di seluruh ekosistem Blibli Tiket.
Baca Juga: Mencegah Rugi Dengan Biaya Aplikasi
Senada dengan semangat tersebut, Ketua APKRINDO DPD Jawa Timur, Tjahjono Haryono menyebut sinergi antara pihaknya dengan Blibli menjadi momentum yang tepat untuk mendorong penguatan kembali bisnis F&B lokal pasca-PPKM resmi dihapus.
“Upaya ini dapat memperluas kanal omnichannel dan meningkatkan trafik penjualan para pelaku industri F&B di Surabaya. Dengan momentum yang tepat, menjelang bulan suci Ramadan dan momen Lebaran tahun ini, APKRINDO berharap kolaborasi ini bisa memberikan nilai lebih dalam berbelanja kuliner di ekosistem digital Blibli, baik lewat promo harga terbaik, diskon, maupun rewards untuk pelanggan loyal,” jelasnya.
Sebagai informasi, sinergi Blibli dan APKRINDO akan dimulai dengan peluncuran laman khusus yang menawarkan berbagai penawaran spesial bagi pelanggan F&B di Surabaya dan Jawa Timur. Mulai dari rekomendasi tempat makan, dine-in vouchers, hingga potongan harga dan cashback.
Sementara untuk mitra, laman khusus ini akan memberikan peluang pemasaran lebih luas di ekosistem digital Blibli yang inklusif.