c

Selamat

Sabtu, 15 November 2025

EKONOMI

16 Januari 2025

20:38 WIB

Bank Mandiri Rilis Fitur Quick Commerce Alfamart di Livin’

Bank Mandiri menyebut dengan kehadiran fitur Quick Commerce Alfamart ini, lebih dari 29 juta pengguna Livin’ by Mandiri kini dapat menikmati pengalaman berbelanja lebih praktis.

Penulis: Fitriana Monica Sari

Editor: Fin Harini

<p id="isPasted">Bank Mandiri Rilis Fitur <em>Quick Commerce</em> Alfamart di Livin&rsquo;</p>
<p id="isPasted">Bank Mandiri Rilis Fitur <em>Quick Commerce</em> Alfamart di Livin&rsquo;</p>

Fitur Quick Commerce Alfamart di Livin’ by Mandiri. Sumber: Bank Mandiri

JAKARTA – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk berkolaborasi dengan Mindstores dalam menghadirkan fitur baru, yakni quick commerce Alfamart di aplikasi Livin’ by Mandiri.

SVP Transaction Banking Retail Sales Bank Mandiri Erin Young menjelaskan, langkah ini bertujuan memudahkan nasabah dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari langsung dari satu aplikasi.

“Kolaborasi ini merupakan langkah strategis Bank Mandiri untuk memperluas layanan digitalnya sekaligus memberikan nilai tambah yang nyata bagi nasabah,” terang Erin dalam keterangan resminya, Kamis (16/1).

Dirinya berharap dengan kehadiran fitur baru ini, lebih dari 29 juta pengguna Livin’ by Mandiri kini dapat menikmati pengalaman berbelanja yang lebih mudah dan praktis.

Pasalnya, tanpa perlu beralih ke aplikasi lain atau melakukan registrasi tambahan, nasabah bisa langsung membeli kebutuhan pokok seperti makanan, minuman, hingga barang kebutuhan rumah tangga melalui fitur Sukha di Livin’.

Tak hanya itu, kata Erin, pengiriman produk dilakukan dengan cepat berkat jaringan gerai Alfamart yang luas, memastikan barang tiba dari gerai terdekat ke lokasi pengguna.

Inovasi ini, lanjutnya, turut memperkaya fungsi Livin’ by Mandiri, sebagai alat transaksi keuangan, sekaligus solusi gaya hidup yang relevan dengan kebutuhan masyarakat modern.

“Kami ingin menciptakan pengalaman pengguna yang lebih terintegrasi dan memudahkan aktivitas sehari-hari nasabah,” imbuhnya.

Baca Juga: Pengguna Livin' by Mandiri Tembus 26 Juta

Head of Operation Mindstores Oky Prasetyo menuturkan, keunggulan fitur quick commerce ini terletak pada teknologi canggih yang mendukungnya. Mindstores Commerce Platform (MCP), yang menjadi basis sistem ini, dirancang dengan pendekatan teknologi modern yang mengutamakan fleksibilitas dan kecepatan.

Ia menjelaskan, pendekatan arsitektur microservices memungkinkan setiap komponen sistem bekerja secara independen, sehingga meningkatkan stabilitas dan efisiensi. Sementara itu, API-first membuat integrasi antara Livin’ dan sistem Mindstores berjalan mulus.

"Teknologi cloud-native menjamin efisiensi dan skalabilitas tinggi, sedangkan headless architecture memungkinkan pengembangan front-end yang lebih fleksibel, memberikan kebebasan penuh dalam menciptakan pengalaman pengguna yang terbaik,” papar Oky.

WIR Group, sebagai induk dari Mindstores, mendukung penuh kolaborasi strategis ini untuk menghadirkan inovasi digital yang mendorong transformasi bisnis dan memperluas akses pasar melalui optimalisasi teknologi.

"Kami percaya teknologi yang dikembangkan bersama Bank Mandiri dan Alfamart akan menciptakan ekosistem digital yang inklusif. Masyarakat kini bisa menikmati layanan perbankan dan belanja dalam satu platform, menghadirkan kenyamanan maksimal bagi penggunanya,” ujar CEO WIR Group Stephen Budiman Ng.

Kembangkan Layanan
Di sisi lain, Virtual Store General Manager PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Mateus Radiman menyampaikan apresiasinya atas keterlibatan Alfamart dalam inovasi ini.

Menurutnya, kolaborasi ini memungkinkan nasabah Bank Mandiri menikmati kemudahan berbelanja sekaligus memanfaatkan berbagai promo menarik yang memberikan nilai lebih.

“Kami bangga menjadi bagian dari inisiatif yang menghadirkan solusi modern bagi masyarakat. Dengan jaringan luas yang kami miliki, kami siap mendukung layanan ini agar semakin dekat dengan konsumen,” ungkap Mateus.

Erin menambahkan, dengan terus memperluas ekosistem digitalnya, Bank Mandiri berharap Livin’ by Mandiri mampu menjadi one stop financial solution yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan nasabah, mulai dari transaksi keuangan hingga belanja kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga: Bank Mandiri Rilis Fitur Livin' KPR

Ke depan, Bank Mandiri bersama Mindstores dan Alfamart akan terus mengembangkan layanan ini dengan menambahkan fitur baru serta memperluas cakupan wilayah layanan.

Inisiatif ini sejalan dengan misi Bank Mandiri untuk menghadirkan solusi berbasis teknologi yang relevan dan bermanfaat bagi masyarakat di era digital.

Bank Mandiri juga menghadirkan sejumlah promo menarik bagi nasabah pengguna fitur ini, termasuk gratis ongkos kirim untuk setiap pembelian di Alfamart melalui Livin’.

Bank Mandiri menilai, kolaborasi ini juga menjadi bentuk apresiasi kepada nasabah sekaligus sebagai pendorong adopsi fitur baru tersebut.

Sekadar informasi, sejak diluncurkan pada Oktober 2021, Livin’ by Mandiri telah menunjukkan pertumbuhan yang positif. Hingga akhir Desember 2024, pengguna aplikasi Livin’ by Mandiri menembus angka 29,3 juta pengguna, naik 29% secara tahunan (YoY). Dari jumlah tersebut, total nilai transaksi Livin’ by Mandiri telah mencapai Rp4.009 triliun dengan frekuensi 3,29 miliar transaksi.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar