31 Juli 2024
20:48 WIB
Pengguna Livin' by Mandiri Tembus 26 Juta
Nilai transaksi Livin’ by Mandiri tercatat tembus lebih dari Rp1.883 triliun, melesat 25% dari periode tahun sebelumnya.
Penulis: Fitriana Monica Sari
Editor: Fin Harini
Seseorang mengakses aplikasi Livin' by Mandiri dengan tampilan Paylater pada laman Bank Mandiri di Jakarta, Rabu (13/12/2023). ValidNewsID/Arief Rachman
JAKARTA - Direktur Teknologi Informasi PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) Timothy Utama menyampaikan, hingga pertengahan tahun, Livin’ by Mandiri telah mampu melayani lebih dari 26 juta nasabah di dalam dan luar negeri, meningkat 35% secara tahunan (year on year/YoY).
"Hingga Juni 2024, pengguna Livin' by Mandiri sudah mencapai 26,5 juta, atau tumbuh 35% yoy," kata Timothy dalam konferensi pers secara daring, Rabu (31/7).
Selain itu, lanjut dia, masih melalui Livin', 85% rekening baru telah dibuka. Kemudian, 98% transaksi non-tunai yang di retail telah dilakukan di Livin' dan 92% nasabah addressable telah menjadi user registered di Livin'.
Super app andalan Bank Mandiri ini juga diklaim terus menunjukkan pertumbuhan kinerja transaksi yang baik. Dari sisi frekuensi transaksi, telah mencapai 1,8 miliar hingga Juni 2024, atau tumbuh 39% yoy.
Pada periode yang sama, nilai transaksi Livin’ by Mandiri tercatat tembus lebih dari Rp1.883 triliun, melesat 25% dari periode tahun sebelumnya.
Livin' juga berhasil meningkatkan pertumbuhan fee-based income, yakni mencapai Rp1,2 triliun, atau tumbuh 26% yoy.
Fitur Unggulan Livin' by Mandiri
Masih dalam kesempatan yang sama, Timothy memaparkan beberapa fitur unggulan di Livin' by Mandiri. Menurutnya, Livin' by Mandiri menghadirkan pengalaman bertransaksi QRIS dengan menyediakan berbagai pilihan sumber dana pembayaran, seperti tabungan, kartu kredit, dan paylater.
Saat ini, fitur QRIS dapat digunakan di mancanegara, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Singapura. Fitur ini sukses meningkatkan volume pembayaran melalui QRIS, terlihat dari pertumbuhan nilai transaksi, di mana terjadi 3,1x yoy.
Selain itu, Livin' by Mandiri juga menghadirkan kenyamanan transfer VALAS yang tersedia kapanpun, real-time, dan dana diterima utuh ke 10 valuta asing.
"Sejak diluncurkan, nilai transaksi transfer valas telah tumbuh 4,5x yoy, di mana 92% transaksi valas telah dilakukan melalui Livin'," imbuhnya.
Timothy melanjutkan, Livin' by Mandiri terus dilengkapi dengan berbagai pilihan fitur investasi untuk pembelian obligasi dan reksadana dengan nilai transaksi yang tumbuh 2,7x yoy, atau mempresentasikan 92% investasi nasabah retail telah dilakukan melalui Livin'.
Livin' juga menghadirkan ekosistem digital lending yang komprehensif, di mana seluruh kebutuhan pinjaman nasabah retail dapat diakses langsung melalui Livin' by Mandiri.
Pertama, pengajuan kredit serbaguna tanpa agunan kepada eligible customer dengan limit sampai dengan Rp1 miliar telah memanfaatkan ekosistem payroll. Kedua, fitur paylater yang melengkapi sumber dana dalam pembayaran QRIS dapat digunakan di jutaan merchant dalam dan luar negeri dengan limit hingga Rp20 juta.
Ketiga, penarikan dana tunai dari kartu kredit secara digital. Nasabah pemegang Mandiri Kartu Kredit dapat melakukan penarikan dana tunai mulai dari Rp1 juta hingga 50% limit kartu kredit dan langsung ditransfer ke rekening tabungan nasabah.
Keempat, konversi cicilan kartu kredit secara digital, di mana nasabah dapat mengubah transaksi menjadi cicilan mulai dari 2 hingga 36 bulan. Kelima, Livin' KPR memberi solusi kemerdekaan rumah yang lengkap, yang hadirkan perumahan dari top developer hingga persetujan kredit cepat hanya dalam 30 menit.
"Atas berbagai kemudahan ini, Livin' berhasil memberikan kontribusi nyata bagi pertumbuhan bank, di antaranya 64% pencairan powercash telah dilakukan di Livin', 90% konversi cicilan kartu kredit telah dilakukan di Livin'. Paylater pun telah mencapai 100 ribu pengguna," urai Timothy.
Livin' Sukha dan Livin' Merchant
Fitur Livin' Sukha, sambungnya, sukses hadirkan beberapa kebutuhan life cycle, di mana tidak hanya untuk financial needs, tapi berhasil memberikan penawaran menarik dari 130 merchant hingga penjualan tiket hype events. Salah satunya penjualan tiket hype events Bruno Mars.
"Sebanyak 95 ribu tiket habis terjual. Lalu, 85% daripada 95 ribu tiket itu terjual dalam waktu 1,5 jam. Dan yang lebih cukup menyenangkan adalah 15% nasabah baru sudah bertransaksi untuk membeli tiket Bruno Mars ini," ujar Timothy bangga.
Berbagai penawaran menarik yang dihadirkan di Livin' Sukha sukses meningkatkan transaksi di Livin', di mana nilai transaksi di Livin' Sukha sudah tumbuh 4,7x yoy.
"Jadi dengan ini, kita bisa melihat bahwa kami berhasil menaikkan capability di luar financial needs untuk masuk ke lifestyle," katanya.
Terkait Livin' Merchant, sejak diluncurkan pada Juni 2023, Livin' Merchant telah digunakan oleh 2 juta UMKM dengan pertumbuhan nilai transaksi menjadi 1,2x dibandingkan kuartal sebelumnya.
Livin' Merchant telah menjadi pilihan transaksi di Merchant Retail. Hal ini ditunjukkan dari transaksi bulanan Livin' Merchant yang sudah mendekati transaksi EDC. Transaksi EDC saat ini, sejak diluncurkan di Livin' Merchant, sudah mendekati 0,6x dalam hanya tempo satu tahun.
"Jadi, menjadi aplikasi kasir alias point of sales, Livin' Merchant akan terus melengkapi use case sebagai one stop solution untuk transaksi Merchant," ungkap dia.
Suasana kantor cabang Bank Mandiri di Menara Mandiri, Sudirman, Jakarta, Senin (13/2/2023). ValidNewsID/Fikhri Fathoni Inovasi Baru
Pada waktu dekat, Bank Mandiri akan meluncurkan tiga inovasi, seperti solusi supply chain dilengkapi solusi pinjaman, solusi untuk menjawab kebutuhan pelaku usaha F&B, serta menerima pembayaran terbaru untuk mendukung pertumbuhan bisnis UMKM.
"Dengan demikian, Livin' Merchant akan lengkap untuk semua kapabilitas, menjadikan Merchant menggunakan Livin' Merchant sebagai andalannya untuk mengkoleksi dan juga proses terlibat transaksi mereka," tuturnya.
Pada periode yang sama, Wholesale Digital Super Platform Kopra by Mandiri, telah berhasil mengelola 610 juta transaksi hingga semester I/2024 dengan nilai transaksi menembus Rp10.000 triliun.
Platform digital super lengkap ini dapat melayani berbagai kebutuhan transaksi di manapun dan kapanpun, untuk berbagai segmen pebisnis, mulai dari korporasi hingga SME.
“Kami secara spesifik terus meningkatkan fungsi dan manfaat Livin’ dan Kopra by Mandiri sebagai solusi yang dapat memenuhi segala macam kebutuhan nasabah, baik secara finansial maupun non-finansial. Livin’ dan Kopra saat ini juga sudah dapat dinikmati oleh nasabah di luar negeri, artinya tidak ada lagi batasan waktu dan tempat, nasabah dapat mengelola kebutuhan transaksinya kapan pun dan di mana pun,” imbuh Timothy.