c

Selamat

Minggu, 16 November 2025

KULTURA

28 Agustus 2025

12:21 WIB

Studi Ungkap Kebiasaan Masyarakat Indonesia Dengarkan Podcast

Pendengar cenderung menyimak podcast di malam hari, khususnya pukul 8 hingga 10 malam, untuk mengisi waktu personal mereka. Ini menyiratkan bahwa podcast telah menjadi bagian rutinitas sehari-hari.

Penulis: Gemma Fitri Purbaya

Editor: Andesta Herli Wijaya

<p>Studi Ungkap Kebiasaan Masyarakat Indonesia Dengarkan <em>Podcast</em></p>
<p>Studi Ungkap Kebiasaan Masyarakat Indonesia Dengarkan <em>Podcast</em></p>

Visual podcast Lentera Malam. Dok: Spotify.

JAKARTA - Beberapa tahun terakhir, podcast menjadi salah satu alternatif hiburan yang digemari masyarakat Indonesia. Selama tiga bulan terakhir, bahkan satu dari lima orang Indonesia mengonsumsi podcast, sedikit lebih tinggi dibandingkan orang yang mendengarkan radio dan audio book.

Populix mengungkap kebiasaan para penikmat podcast di Indonesia melalui penelitian terbarunya. Dalam studi tersebut, ditemukan bahwa rata-rata penikmat podcast mendengarkan dua sampai tiga kali seminggu. Sebagian bahkan mengaku menikmati podcast setiap hari.

Sementara itu, sangat sedikit yang mendengarkan podcast kurang dari sekali seminggu. Bukan itu saja, Populix juga menemukan kalau para pendengar cenderung mendengarkan podcast di malam hari khususnya pukul 8 malam sampai 10 malam, untuk menemani waktu personal dan istirahat mereka. Ini menyiratkan bahwa podcast telah menjadi bagian rutin dari aktivitas sehari-hari, sebagaimana kebiasaan masyarakat menonton televisi.

"Mayoritas pendengar cenderung merasa 30 sampai 60 menit adalah durasi yang pas. Hal ini mengisyaratkan tingginya rentang perhatian para pendengar podcast dan menjadi peluang eksplorasi konten bagi para kreator di Indonesia," ucap Head of Policy and Social Research Populix Vivi Zabkie dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (28/8).

Penelitian dilakukan pada sekitar 1.100 responden dari seluruh Indonesia yang didominasi oleh mereka yang tinggal di Jawa dan merupakan kelompok pekerja. Untuk latar belakang ekonomi, partisipan berasal dari kelas menengah ke atas dengan kelompok usia 26 sampai 35 tahun.

Baca juga: Dari Audio, Tren Podcast Kini Bergeser Ke Video

Studi  ini mengungkap bahwa video menjadi format yang paling digandrungi oleh para penikmat podcast, yakni dengan persentase mencapai 54%. Platform YouTube, TikTok, dan Instagram Reels pun menjadi platform video podcast utama yang disaksikan oleh orang-orang.

Saat menikmati konten podcast dengan format video, biasanya orang-orang akan cenderung menyaksikan keseluruhan episode dari awal hingga akhir. Dua dari tiga penonton mengaku akan menonton sampai habis kalau ada bintang tamu yang menarik. Sisanya mereka hanya mendengarkan audio saat melakukan aktivitas lain.

Ketika ditelisik alasan mereka mendengarkan podcast, umumnya para responden menjawab untuk mempelajari sesuatu yang baru, tetap update, dan mencari inspirasi. Bahkan tidak sedikit juga yang mendengarkan podcast hanya sebagai hiburan atau mengisi waktu luang. Artinya, konten podcast yang ada saat ini mampu mengakomodir kebutuhan masyarakat terkait sesuatu yang bermakna dan menghibur.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar