c

Selamat

Sabtu, 15 November 2025

KULTURA

28 Juni 2025

08:11 WIB

Pria Indonesia Makin Sadar Penggunaan Skincare

Pria umumnya lebih memilih produk over-the-counter (OTC) atau yang dijual bebas di pasaran untuk perawatan wajah. Mereka cenderung ingin praktis serta kurang berminat terhadap perawatan klinis.

Penulis: Gemma Fitri Purbaya

Editor: Andesta Herli Wijaya

<p dir="ltr" id="isPasted">Pria Indonesia Makin Sadar Penggunaan <em>Skincare</em></p>
<p dir="ltr" id="isPasted">Pria Indonesia Makin Sadar Penggunaan <em>Skincare</em></p>

Ilustrasi pria merawat wajah. Dok: Sensatia.

JAKARTA - Perawatan kulit sering kali dikaitkan dengan rutinitas wanita. Namun kini semakin banyak pria yang menjadikan perawatan kulit sebagai bagian dari gaya hidup.

Bukan sekadar tren sesaat, semakin banyak pria menyadari pentingnya kesehatan kulit, sehingga mulai merawatnya secara konsisten. Sejalan data dari YCP Solidiance pada 2023 yang menunjukkan bahwa 37% pria Indonesia aktif menggunakan produk perawatan kulit.

Meski sama-sama merawat wajah, pria cenderung memiliki pendekatan yang berbeda dengan kaum wanita. Pria biasanya ingin melakukan perawatan dengan cara yang praktis, dengan menggunakan produk-produk yang tersedia di pasaran.

Seturut data Jakpat dalam "Indonesia Consumer Trend on Beauty Industry 2024" yang menyatakan bahwa 83% pria lebih memilih produk over-the-counter (OTC) atau produk yang dijual bebas di pasaran, alih-alih perawatan klinis. Ini menekankan preferensi terhadap kemudahan akses dan penggunaan yang praktis dalam rutinitas harian pria.

Data yang sama juga memperlihatkan, pembersih wajah, tabir surya, dan pelembap menjadi tiga produk perawatan kulit yang paling banyak digunakan oleh pria. Ketiga produk tersebut dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan kulit mereka dan mencegah timbulnya jerawat.

Survei Jakpat pun menunjukkan komedo, kulit bertekstur, dan berminyak menjadi permasalahan kulit yang banyak dialami oleh para pria ini. Maka dari itu, memilih dan menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan kebutuhan sangat penting supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

"Banyak dari mereka mencari produk yang simpel dan efektif untuk kebutuhan sehari-hari, terutama untuk kulit dan rambut. Ini memotivasi kami untuk menciptakan produk yang menjawab kebutuhan mereka, tetapi juga universal untuk seluruh konsumen," kata Founder Sensatia Michael Lorenti dalam keterangannya, dikutip Sabtu (28/6).

Baca juga: Menakar Khasiat Puasa Intermiten Untuk Turunkan Berat Badan

Sensatia dalam hal ini berupaya menangkap pasar pengguna produk perawatan wajah pria yang kini terus tumbuh. Merek ini merancang produk perawatan kulit dengan formulasi yang fleksibel dan aman digunakan oleh siapapun, memakai bahan-bahan alami yang telah dipilih secara cermat. Semisal, jahe merah, ginseng, shea butter, ekstrak horsetail, dan minyak alpukat.

"Industri perawatan kulit di Indonesia kini semakin inklusif dan menjangkau berbagai kalangan. Sensatia pun terus berinovasi dalam menghadirkan produk yang efektif, universal, dan ramah lingkungan. Diharapkan, semakin banyak pria yang tidak ragu untuk ikut merawat diri, seiring dengan bertambahnya pilihan dan kemudahan akses bagi mereka," harap Michael.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar