c

Selamat

Sabtu, 15 November 2025

KULTURA

29 September 2025

16:59 WIB

Coba Sepatu Online Dengan AI Shoe Virtual Try-On

Shoe Virtual Try-On sebuah teknologi berbasis artificial intelligence dan augmented reality yang memungkinkan konsumen mencoba sepatu secara virtual melalui kamera perangkat digital.

Penulis: Arief Tirtana

Editor: Andesta Herli Wijaya

<p>Coba Sepatu <em>Online&nbsp;</em>Dengan AI Shoe Virtual Try-On</p>
<p>Coba Sepatu <em>Online&nbsp;</em>Dengan AI Shoe Virtual Try-On</p>

Tampilan Shoe Virtual Try-On. Dok: Perfect Corp.

JAKARTA - Layanan e-commerce hari ini sudah mampu memberikan pengalaman berbelanja yang memadai. Karena itu, semakin banyak orang nyaman memilih dan membeli beragam barang secara online, termasuk untuk kebutuhan fesyen seperti sepatu.

Dulu, dengan online, konsumen tidak bisa mencoba sepatu secara langsung untuk memastikan ukurannya sesuai. Masalahnya, jika produk tak sesuai, proses pengembalian juga bisa merepotkan sekaligus menguras waktu.

Melihat tantangan tersebut, Perfect Corp meluncurkan inovasi terbaru, yakni Shoe Virtual Try-On (VTO). Inovasi ini merupakan sebuah teknologi berbasis artificial intelligence (AI) dan augmented reality (AR) yang memungkinkan konsumen mencoba sepatu secara virtual melalui kamera smartphone, komputer desktop, maupun perangkat digital lainnya.

Teknologi ini menggabungkan model 3D beresolusi tinggi dengan sistem motion tracking canggih, sehingga sepatu tampak melekat secara natural pada kaki pengguna, bahkan ketika mereka bergerak. Sehingga bisa menghasilkan visualisasi yang sangat realistis, yang memungkinkan konsumen melihat sepatu dari berbagai sudut dengan detail tekstur, warna, dan desain yang akurat.

Shoe VTO juga mencoba menghadirkan pengalaman yang menyenangkan dan imersif bagi konsumen, karena mereka dapat bereksperimen dengan berbagai model dan gaya tanpa batasan, lalu memutuskan pilihan dengan lebih percaya diri.

Baca juga: Produksi Smartphone China Kalahkan Samsung Dan Apple

Sementara bagi brand dan retailer, kehadiran teknologi ini diyakini bisa menawarkan keuntungan ganda, yaitu meningkatkan tingkat konversi penjualan sekaligus mengurangi biaya retur.

Buat brand, Shoe VTO juga diharapkan bisa memperkuat citra brand sebagai pionir dalam mengadopsi inovasi digital, sebuah langkah penting pada era di mana konsumen semakin menuntut pengalaman belanja yang cepat, mudah, personal, dan eksklusif

"Dengan Shoe Virtual Try-On, konsumen di Indonesia bisa mencoba berbagai model sepatu hanya dengan smartphone mereka, sehingga keputusan belanja menjadi lebih mudah dan meyakinkan. Inovasi ini tidak hanya membantu konsumen menemukan sepatu yang sesuai dengan gaya hidup mereka, tetapi juga mendukung brand dan retailer dalam memberikan layanan yang lebih modern dan efisien," yakin Founder & CEO Perfect Corp, Alice Chang.

Di luar nilai lebih buat konsumen dan brand atau retailer, Perfect Corp juga meyakini kehadiran Shoe VTO juga bisa membawa dampak positif terhadap keberlanjutan. Karena dengan menurunkan jumlah pengembalian produk, teknologi ini membantu mengurangi emisi karbon dari proses pengiriman berulang serta meminimalkan limbah kemasan, sebuah langkah kecil tapi penting menuju industri fesyen yang lebih ramah lingkungan.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar