c

Selamat

Sabtu, 18 Mei 2024

EKONOMI

21 Maret 2024

20:55 WIB

Trenggono Dorong Kerja Sama Investasi Sektor Perikanan RI-Vietnam

Kerja sama investasi di sektor perikanan merupakan bekal Indonesia dan Vietnam untuk menjadi juara perikanan sampai ke tingkat global.

Penulis: Aurora K M Simanjuntak

Editor: Fin Harini

Trenggono Dorong Kerja Sama Investasi Sektor Perikanan RI-Vietnam
Trenggono Dorong Kerja Sama Investasi Sektor Perikanan RI-Vietnam
Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono dalam Meet Khanh Hoa-Indonesia Meeting yang menjadi rangkaian acara Meet Indonesia di Nha Trang, Vietnam pada Kamis (21/3/2024).KKP.dok

JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono optimis kolaborasi sektor perikanan Indonesia dan Vietnam berpotensi membuat kedua negara menjadi juara perikanan hingga di tingkat global.

Trenggono mengatakan Indonesia memiliki sumber bahan baku kelautan dan perikanan yang sangat kuat dan unggul. Sementara Vietnam punya keahlian di bidang pembesaran dan pengolahan sektor perikanan.

"Jika Indonesia dan Vietnam bersatu maka kedua negara ini akan menjadi kekuatan di kawasan," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Kamis (21/3).

Sejalan dengan itu, Trenggono mengatakan kerja sama perikanan antara pemerintah Indonesia dan Vietnam yang disepakati beberapa waktu lalu, harus segera direalisasikan lewat investasi perikanan.

Baca Juga: Lima Perusahaan Vietnam Siap Garap Budidaya Lobster Di RI

Menurutnya, kerja sama sektor perikanan tersebut tidak sebatas untuk mendorong terjaganya keberlanjutan ekologi dan pertumbuhan ekonomi dua negara. Namun, berkontribusi pula pada pemenuhan kebutuhan komoditas perikanan global.

Kementerian Kelautan dan Perikanan mencatat, kebutuhan protein akan terus meningkat seiring bertambahnya populasi manusia sebesar 30% pada tahun 2045 atau menyentuh angka 9,7 miliar jiwa.

"Berinvestasi di Indonesia dan Vietnam tidak lagi dibatasi oleh wilayah. Sebagai bagian kerja sama investasi antara Indonesia dan Vietnam untuk menjadi bagian dari pemasok global di sektor kelautan dan perikanan," kata Trenggono.

Adapun investasi sektor perikanan Indonesia juga menunjukkan tren positif. Pada Kuartal III/2023, nilainya mencapai Rp9,56 triliun, dan itu terdiri dari PMDN senilai Rp5,32 triliun, PMA senilai Rp1,4 triliun, dan Kredit Investasi Rp2,84 triliun.

Berdasarkan bidang usaha, pengolahan ikan menempati urutan pertama investasi sebesar Rp3,65 triliun. Berikutnya, budidaya perikanan sebesar Rp2,6 triliun, pemasaran Rp1,95 triliun, penangkapan ikan Rp1,18 triliun dan jasa perikanan Rp186,51 miliar.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar