c

Selamat

Rabu, 5 November 2025

EKONOMI

12 Desember 2023

18:36 WIB

Sudah Bisa Check Out, TikTok Shop Kini Bernuansa Hijau

Kini TikTok Shop sudah beroperasi kembali dengan tampilan utama berwarna hijau Tokopedia.

Penulis: Nuzulia Nur Rahma

Sudah Bisa <i>Check Out</i>, TikTok Shop Kini Bernuansa Hijau
Sudah Bisa <i>Check Out</i>, TikTok Shop Kini Bernuansa Hijau
Seseorang mengakses aplikasi TikTok di kanal shop yang telah resmi bekerja sama dengan Tokopedia di Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (12/12/2023). ValidNewsID/Arief Rachman

JAKARTA - Usai mengumumkan kemitraan bersama Tokopedia, kini TikTok Shop sudah beroperasi kembali dengan tampilan utama berwarna hijau. Diketahui, TikTok sendiri telah menginvestasikan lebih dari US$1,5 miliar sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional Tokopedia. 

Dari pantauan Validnews, saat membuka aplikasi TikTok Shop pengguna akan disuguhkan dengan interface baru dengan banner logo Tokopedia dan TikTok di halaman utama.

Tidak banyak yang berubah, semua proses pembelian seperti pemilihan barang, keranjang kuning, metode pengiriman hingga metode pembayaran masih sama. Pengguna bisa berbelanja di TikTok Shop tanpa perlu meninggalkan aplikasi.

Presiden Tokopedia, Melissa Siska Juminto mengatakan, kolaborasi dengan TikTok ini demi mendorong pertumbuhan ekonomi nasional lewat pemanfaatan kanal digital.

"Salah satu kolaborasi yang dijalankan oleh Tokopedia adalah melalui kerja sama dengan TikTok Indonesia untuk kampanye ‘Beli Lokal’ di saat momen Harbolnas 12.12," kata dia.

Baca Juga: Tiktok Resmi Gandeng Tokopedia, Investasi Capai US$1,5 Miliar

Dalam tampilan baru tersebut, TikTok Shop memampangkan banner utama dengan tulisan kampanye terbaru keduanya yakni 'BELI LOKAL'. 

Melissa menjelaskan, 'BELI LOKAL' merupakan kampanye Hari Belanja Nasional (Harbolnas) 2023. Dia mengatakan, Tokopedia berkomitmen untuk terus mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan, termasuk pada saat momen 12.12.

"Kami menghadirkan deretan inisiatif dan menghadirkan berbagai promo agar masyarakat dapat berbelanja online dengan lebih terjangkau. Salah satunya dengan menghadirkan kampanye ‘BELI LOKAL'," kata dia.

Menurutnya, selain menguntungkan bagi pembeli, momen Harbolnas 12.12 dan kampanye Beli Lokal tahun ini juga diharapkan bisa mendongkrak penjualan para pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal.

“Tokopedia sebagai perusahaan teknologi buatan Indonesia bersama mitra strategis selalu berupaya mendorong produk buatan lokal menjadi pilihan utama masyarakat,” tambah Melissa.

Baca Juga: TikTok-Tokopedia Kerja Sama, Zulhas: UMKM Bisa Berjualan Lagi

Tokopedia berkolaborasi dengan pemerintah dalam meluncurkan kampanye Beli Lokal agar pelaku usaha, khususnya UMKM lokal, bisa mendapatkan panggung yang lebih luas termasuk saat momen Harbolnas 12.12. Di kampanye ini, ada pula deretan promo diskon hingga Rp100.000 agar masyarakat bisa belanja produk lokal dengan lebih hemat.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif E-Commerce, Tik Tok, Indonesia, Stephanie Susilo menuturkan pihaknya berkomitmen dalam mendorong pertumbuhan UMKM lokal dan juga mempermudah masyarakat untuk belanja online

TikTok dalam hal ini mendukung Hari Belanja Nasional dengan ikut menghadirkan kampanye Beli Lokal bersama Tokopedia. Kampanye ‘BELI LOKAL’ akan dapat ditemukan juga di aplikasi TikTok Indonesia untuk dapat memperluas jangkauan para pelaku usaha terutama UMKM.

“Dengan hadirnya kampanye ‘Beli Lokal’ pada aplikasi TikTok, para pelaku usaha, terutama UMKM lokal dapat berinteraksi secara langsung dengan pembeli dengan lebih atraktif,” ujar Stephanie.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar