18 Maret 2025
10:03 WIB
Sahur Jadi Waktu yang Paling Digemari Orang Belanja Online
Data Tokopedia dan TikTok Shop menemukan waktu sahur menjadi salah satu waktu yang paling digemari oleh masyarakat untuk berbelanja pada Ramadan tahun ini.
Penulis: Gemma Fitri Purbaya
Konferensi pers TikTok Shop di Jakarta, Senin (17/3)
JAKARTA - Banyak orang mengira menjelang berbuka adalah waktu yang paling digemari masyarakat Indonesia untuk berbelanja. Namun, data Tokopedia dan TikTok Shop menemukan waktu sahur menjadi salah satu waktu yang paling digemari oleh masyarakat untuk berbelanja pada Ramadan tahun ini.
"Orang mengira menjelang buka puasa adalah waktu orang-orang berbelanja, tetapi data kami menunjukkan waktu sahur adalah waktu orang paling banyak belanja. Saat sahur, nilai transaksi di Tokopedia dan TikTok Shop naik rata-rata 10,5 kali lipat dibandingkan periode Ramadan sebelumnya," ungkap Head of Communications of Tokopedia and TikTok E-commerce Aditia Grasio Nelwan dalam konferensi pers TikTok Shop di Jakarta, Senin (17/3).
Baca Juga: Tren Penggunaan Layanan Online Di Bulan Ramadan
Sementara itu, baju muslim wanita, parfum, produk perawatan kulit, kosmetik, dan hampers menjadi produk-produk yang paling laris pada awal Ramadan tahun ini. Ini didorong dengan fitur live streaming yang ditonton lebih dari 2miliar kali pada platform TikTok. Begitu pun dengan jumlah short video yang diunggah oleh penjual dan kreator pada awal Ramadan yang mencapai 72juta short video.
"Artinya, partisipasi pengguna meningkat drastis dibanding tahun lalu di mana hanya ada jutaan short video yang diunggah ke TikTok sepanjang bulan Ramadan 2024. Jutaan penjual di Tokopedia dan TikTok Shop bisa meningkatkan transaksi lewat ekosistem sinergis bersama TikTok melalui konten video promosi, seperti Gaudi yang berhasil menaikkan penjual hingga 2 kali lipat di TikTok Shop melalui pemanfaatan fitur Live ini," imbuh Communications Director TikTok Indonesia Anggini Setiawan pada kesempatan yang sama.
Data yang sama juga menunjukkan adanya kenaikan jumlah penjual di TikTok Shop menjelang Ramadan hingga 40% dibandingkan periode sebelumnya. Mereka melihat saat ini banyak brand lokal dan UMKM yang mulai memanfaatkan platform digital untuk mendapatkan keuntungan dan meningkatkan penjualan.
Baca Juga: Tips Jaga Keamanan Data Pribadi Saat Belanja Online
Lebih lanjut, Tokopedia dan TikTok Shop optimis dan positif dengan pertumbuhan UMKM dan penjualan di e-commerce meskipun saat ini telah ramai isu penurunan daya beli di masyarakat. Jika melihat peningkatan penjualan pada awal Ramadan ini, minat masyarakat untuk berbelanja secara daring masih cukup tinggi.
"Pertumbuhan saat ini masih positif di Tokopedia dan TikTok Shop. Kami terus berkomitmen untuk membantu penjual dengan berbagai macam kampanye dan promo dengan harapan bisa membantu penjual menemukan pembeli. Kami melihat (pertumbuhan) masih positif," ucap Aditia.
Di Ramadan ini, Tokopedia dan TikTok Shop sendiri menggelar kampanye "Ramadan Ekstra Seru" untuk membantu konsumen memenuhi kebutuhan mereka selama bulan Ramadan dan lebaran melalui berbagai penawaran, seperti gratis ongkos kirim, flash sale, hingga diskon. Diharapkan kampanye ini bisa meningkatkan penjualan para brand lokal dan UMKM yang berpartisipasi, bahkan hingga 10 kali lipat.