29 September 2025
12:16 WIB
Mobile Banking BCA Sempat Error, Kini Berangsur Pulih
BCA menyampaikan saat ini, sistem mobile banking sudah berangsur normal.
Penulis: Fitriana Monica Sari
Seseorang sedang mengoperasikan aplikasi BCA Mobile. ValidNewsID/Arief Rachman
JAKARTA - Sejumlah nasabah PT Bank Central Asia Tbk atau BCA (BBCA) mengeluhkan layanan perbankan digital BCA Mobile dan MyBCA yang mengalami gangguan sejak Senin (29/9) pagi.
Bahkan, pada pukul 09.56 WIB, keluhan tersebut masuk ke daftar populer dalam linimasa X atau yang dahulu dikenal dengan nama Twitter.
Berdasarkan pantauan Validnews, beberapa netizen mengeluhkan tidak dapat mengakses aplikasi (login) maupun melakukan transaksi dalam kurun waktu 2 jam lebih.
Netizen heboh karena hal ini bertepatan dengan tanggal di mana banyak orang mau menarik gaji hingga melakukan pembayaran tagihan bulanan.
"Oopss.. Something went wrong, please try again," ucap salah satu tangkapan layar yang dibagikan netizen, Senin (29/9).
Baca Juga: BCA Bantah Isu Pembobolan Rekening Dana Investasi Capai Rp70 M
Halo BCA pun mulai membalas beberapa keluhan yang disampaikan nasabah melalui X.
"Mohon maaf atas ketidaknyamanan dan kendala yang Bapak/Ibu Pelanggan alami. Saat ini terdapat kendala, untuk kendala tersebut saat ini masih dalam penanganan analis BCA. Mohon kesediaan Bapak/Ibu dapat menunggu dan dapat mencoba kembali secara berkala," tulisnya, Senin (29/9).
Terpisah, menanggapi hal tersebut, EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn menyampaikan permintaan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi.
"Sehubungan dengan kendala yang sempat dialami nasabah saat bertransaksi dengan produk layanan BCA, kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang sempat terjadi," kata Hera dalam keterangan resmi, Senin (29/9).
Namun, ia tidak menjelaskan kendala yang membuat gangguan pada layanan perbankan digital BCA Mobile dan MyBCA.
Baca Juga: BCA-Jaringan PRIMA Ajak Masyarakat Jaga Data Pribadi Di Era Digital
Adapun saat ini, ia menjelaskan, sistem sudah berangsur normal. Oleh karena itu, BCA mengimbau nasabah untuk melakukan pengecekan secara berkala pada aplikasi myBCA dan BCA mobile.
Pada kesempatan ini, BCA juga mengimbau kepada nasabah BCA untuk senantiasa berhati-hati terhadap berbagai macam modus penipuan yang mengatasnamakan BCA.
"Jaga selalu kerahasiaan data perbankan Anda! Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi contact center Halo BCA melalui 1500888 dan aplikasi haloBCA, WA Bank BCA 08111500998, X (Twitter) @HaloBCA, webchat www.bca.co.id, atau e-mail melalui halobca@bca.co.id," tutupnya.