c

Selamat

Minggu, 16 November 2025

EKONOMI

14 Februari 2024

16:07 WIB

Klingkin Fun: Program Berburu Diskon Untuk Tekan Angka Golput

Klingking Fun, sebuah pesta diskon untuk mengurangi golput dan mendorong partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak suara di Pemilihan Umum 2024.

Penulis: Nuzulia Nur Rahma

Editor: Fin Harini

Klingkin Fun: Program Berburu Diskon Untuk Tekan Angka Golput
Klingkin Fun: Program Berburu Diskon Untuk Tekan Angka Golput
Press Konferens Klingking Fun di Jakarta, Rabu (14/2). ValidNewsID/ Nuzulia Nur Rahma

JAKARTA - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta W. Kamdani mengatakan, dunia usaha turut berupaya meningkatkan partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilih dalam pemilu tahun 2024 ini. Salah satunya melalui program Klingking Fun.

"Tahun ini diharapkan angka golput akan terus turun dibanding Pemilu tahun 2019. Untuk itu Apindo dan rekan-rekan Hippindo serta APPBI tergerak melakukan kolaborasi Klingking Fun sebagai kontribusi nyata dunia usaha mengawal pesta demokrasi," jelasnya kepada wartawan, Rabu (14/2).

Klingking Fun, sebuah pesta diskon untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak suara di Pemilihan Umum 2024. Ini diselenggarakan oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) bersama Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippondo) dan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI).

Shinta menjelaskan, Klingking Fun adalah program kerja sama nasional ketiga asosiasi dan perusahaan ritel, yang memungkinkan masyarakat mendapatkan sejumlah diskon dalam jumlah besar dengan menunjukkan tinta di jari setelah menggunakan hak pilih di tempat pemungutan suara (TPS). 

Menurutnya terdapat tiga tujuan diadakannya program ini, pertama untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Dia menuturkan, Klingking Fun berharap angka golput turun dibandingkan 2019 dengan adanya pesta diskon bagi masyarakat yang telah mengikuti pemilu.

Baca Juga: Tunjukkan Tinta di Jari Kelingking, Pengunjung Mal Bisa Dapat Diskon

Sebagai informasi, angka golput pada Pemilu 2019 termasuk yang terendah dibandingkan pemilu tahun-tahun sebelumnya. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah masyarakat yang golput pada 2019 sebanyak 34,75 juta atau 18,02% dari total pemilih yang terdaftar. Sementara itu, pada 2014, jumlah golput adalah 58,61 juta orang atau 30,22%.

Selain itu, menurut data KPU, pada Pemilu 2024 pemilih yang terdaftar didominasi oleh pemilih muda. Jumlahnya mencapai 56,4% pemilih yang bisa berpartisipasi di pemilu 2024, yang artinya sudah melebihi setengah dari total daftar Pemilih Tetap (DPT).

Senada, Data Centre for Strategic and International (CSIS) mencatat terdapat sebanyak 11,8% responden memilih untuk golput. Angka CSIS menunjukkan, pemilu tahun ini angka golput diprediksi turun dibandingkan Pemilu 2019 sebesar sekitar 18%

"Jadi kita melihat data yang sudah ada dari 2014 pada waktu itu memang golputnya cukup tinggi. Untuk itu kami merasa penting untuk mendorong bagaimana caranya bisa meningkatkan partisipasi pemilih atau menurunkan golput," katanya.

Oleh karenanya, ia berusaha untuk mendorong masyarakat, terutama kaum muda untuk bisa berpartisipasi pada pemilu ini lewat program Klingking Fun.

"Jadi kita melihat bagaimana caranya untuk bisa meningkatkan partisipasi pemilih? Ya dengan Klingking Fun ini. Mereka memilih dan mereka bisa pergi ke mall-mall untuk bisa mendapatkan diskon saat berbelanja," kata dia.

Tujuan kedua adalah untuk meningkatkan lalu lintas ke pusat belanja. Ia mengatakan, pemilu seringkali identik dengan suasana yang panas dengan banyaknya perbedaan pendapat antar masyarakat. Untuk mencairkan suasana tersebut maka Klingking Fun diadakan agar masyarakat bisa mendinginkan diri lewat pesta diskon.

Dan tujuan terakhir yaitu untuk meningkatkan jumlah wisatawan ke tempat wisata lainnya. Menurutnya hal ini dapat membantu semua retail, mall, serta tempat wisata agar lebih banyak masyarakat yang belanja dan jalan-jalan, serta mampu membantu meningkatkan transaksi yang ada di Indonesia.

"Saya rasa sangat jelas tujuan kami, asosiasi juga mendorong untuk masyarakat bergembira dan bersama-sama bisa menikmati program Klingking Fun dan bisa membantu peningkatan perekonomian Indonesia," tandasnya.

Klingkin Fun di Mall Kota Kasablanka
Bertepatan dengan hari Valentine, suasana di Mall Kota Kasablanka (Kokas) terlihat ramai, lalu lalang pengunjung memenuhi setiap sudut mall. Terutama sektor FnB, pengunjung mengerumuni setiap toko yang buka. Kebanyakan datang bersama keluarga sembari menikmati hidangan.

Maklum, mall yang terletak di tengah kota Jakarta itu rupanya tergabung dalam program Klingking Fun. Dengan menunjukkan jari kelingking yang bertinta ungu sebagai bukti telah melakukan pencoblosan, masyarakat berkesempatan mendapatkan diskon bahkan hingga 50%, beli 1 gratis 1, dan penawaran lainnya.

Kota Kasablanka dukung program Klingking Fun dengan memberikan beragam pesta diskon mulai dari f&b, fashion, make up, salon, elektronik, bioskop, hingga masih banyak lagi. 

Direktur Kota Kasablanka, Lusiana mengatakan pihaknya yakin, dengan hadirnya Klingking Fun, akan menggaet partisipasi pemilu lantaran berbagai penawaran yang diberikan menjadi salah satu motivasi masyarakat untuk menggunakan hak suaranya, terlebih untuk generasi muda. 

Baca Juga: Survei: Golput Cenderung Tinggi Pada Anak Muda Perantau

Pada pemilu tahun ini, Kota Kasablanka memberikan beragam voucher salah satunya tiket nonton gratis dengan bermain lucky dip di concierge, main lobby ground floor

"Sistemnya di sini pengunjung tidak perlu berbelanja terlebih dahulu untuk melakukan lucky dip, hanya dengan menunjukkan jari bertinta ungu dan redeem 1 poin PG Card sudah bisa mendapatkan voucher," ujar Lusiana.

Sejumlah promosi pesta diskon jari bertinta disiapkan oleh sejumlah tenant mulai dari makanan dan minuman seperti Sushi Hiro, A&W, The People's Café, Cold Stone, Haagen-Dazs, C-Bakes, HonBun Bakery, Chicago Popcorn, Shirato, Kimukatsu, Shabu Shabu Express, Dcrepes, Dooki, Kyochon, Pan&Co, Acail, Kopi Kenangan, Paris Baguette, Krispy Crème. 

Lalu ada Pizza Hut, Shaburi, Hop Hop Signature, Remboelan, Toast Box, First Love, Pizza e birra, Ichiban Sushi, Kafe Betawi, J.CO, Dear Butter, Tom Susho, Ban Ban, Starbucks, Hokkaido-Ya, Sushi Tei, The Coffee Bean & Tea Leaf, K3Mart, Denny's, Genki Suhi, Kintan Buffet, Chigoxflip, Sate Khas Senayan, Holycow, dan masih banyak lagi.

Masih dalam memeriahkan Klingking Fun, teruntuk pemburu diskon lainnya beragam penawaran mulai dari SOGO, Watch Studio, Star Time, L by LCB, Valino, Pomelo, Informa, Kemayu, Cell Science, Optik Melawal, Optik Tunggal, Zoomoov, Skin+, Polaris, Kaizen, LeeVierra Kids, Brun Brun, Wakai.

Lalu terdapat Elmer, Colorboc, Hardware, Cindy, Yayang, Erha Ultimate, EA& Emporio Armani, Natural Farm, The Face Club, Innisfree, IUIGA, Toys Kingdom, sleep & Co, Bathaholic, Nike by Kasablanka, Jhonny Andrean, D'Amazing Carribean, Inul Vizta dan masih banyak lainnya.

"Dengan program ini, harapannya dapat meningkatkan partisipasi politik masyarakat, traffic pusat perbelanjaan bahkan jumlah wisatawan lainnya agar bisa menggerakkan roda perekonomian nasional. Oleh karena itu, ramaikan pesta demokrasi dengan menyumbangkan suara ke tempat pemungutan suara karena diskon besar- besaran menanti untuk diburu oleh masyarakat dengan jari tinta ungu," tandasnya.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar