18 November 2023
11:15 WIB
Penulis: Nuzulia Nur Rahma
JAKARTA - Lazada Festival Belanja 11.11, yang berlangsung dari 11 hingga 15 November 2023, memperlihatkan tren positif dalam minat pembelian kategori fast moving consumer goods (FMCG). Ini termasuk produk household, personal care, dan beauty dari brand lokal Indonesia.
"Kategori tersebut mengalami pertumbuhan yang signifikan yang mencerminkan dukungan yang kuat dari konsumen terhadap produk-produk lokal asli Indonesia," kata Category Director LazMall FMCG Lazada Indonesia Lia Kurtz dalam pernyataan resmi, Jumat (17/11).
Lia mengatakan, pihaknya melihat semakin berjayanya produk-produk lokal Indonesia. Kategori FMCG tetap menjadi kategori yang selalu dicari masyarakat secara daring dan selalu tumbuh sejak pandemi hingga saat ini.
"Festival Belanja Lazada 11.11 kembali memperlihatkan bahwa daya tarik produk kategori FMCG lokal Indonesia semakin menguat. Kategori ini tetap menjadi salah satu yang paling diminati oleh konsumen," ujarnya.
Baca Juga: Lazada Sebut Tiga Tantangan Industri E-commerce, Apa Saja?
Pada hari pertama belanja festival, kategori beauty mencatat peningkatan yang pesat dibandingkan dengan festival sebelumnya. Somethinc, salah satu beauty brand lokal Indonesia tumbuh di hari pertama dibandingkan dengan total penjualan lima hari pada festival belanja Lazada 9.9 yang lalu.
Konsumen juga menunjukkan minat yang tinggi pada sunscreen dari beauty brand lokal seperti Azarine, Facetology, dan Emina. Khususnya, brand Facetology sukses dengan penjualan sunscreen di hari pertama 11.11 meningkat sebanyak dua kali lipat ketimbang penjualan selama periode festival belanja sebelumnya.
Produk skincare pria juga mencuri perhatian konsumen di kanal LazBeauty, terutama dari brand Kahf, yang menjadi salah satu yang paling diminati. Tiga produk utama yang paling dicari antara lain adalah face wash & scrub, sunscreen, dan fragrance.
Pertumbuhan di kategori Household
Dalam kategori produk household, Lazada Festival Belanja 11.11 mencatat pencapaian yang mengesankan. Penjualan WINGS Group untuk kategori produk household meningkat 30%, dengan deterjen DAIA mencatat pertumbuhan hampir 100%.
Top 10 item household dari WINGS Group tumbuh 20%, sementara permintaan untuk produk lokal household meningkat pesat dengan Mama Lemon, Rapika, Sosoft, dan Supersol yang mengalami pertumbuhan tiga digit.
Baca Juga: Ini Kata Lazada Soal Revisi Permendag Yang Baru
Hal tersebut juga terlihat pada peningkatan traffic kunjungan yang signifikan, memberikan dukungan tambahan bagi produk-produk lokal seperti pada produk laundry supplies yang turut meningkat dengan DAIA dan Soklin yang memimpin kategori tersebut.
Menurut Lia, kesuksesan peningkatan hasil penjualan dari rangkaian brand di Lazada tidak luput dari sistem mekanisme gratis ongkir di Lazada. Tanpa perlu mengumpulkan voucher, pengguna secara otomatis dapat menikmati layanan free shipping tanpa batasan pembelian minimum, dengan kuota yang tersedia hingga 11 kali dalam seminggu.
"Promosi yang bombastis lainnya seperti buy 1 get 1 juga memberikan dampak positif yang signifikan dalam memastikan pengalaman yang 100% Hepi bagi konsumen," ujar Lia.