c

Selamat

Senin, 17 November 2025

EKONOMI

16 Februari 2023

14:23 WIB

Ekspansi, Sociolla Buka Toko Omnichannel ke-50

Sociolla membuka toko omnichannel-nya ke-50 di Bengkulu. Sociolla memperluas kehadirannya di luar pulau Jawa dengan pertumbuhan ekspansi toko sebesar 300% hanya dalam kurun waktu 3 tahun.

Penulis: Nuzulia Nur Rahma

Ekspansi, Sociolla Buka Toko Omnichannel ke-50
Ekspansi, Sociolla Buka Toko Omnichannel ke-50
Ilustasi toko Sociolla. Dok Sociolla.

JAKARTA – Sociolla, omnichannel-retailer kecantikan di Indonesia, baru saja melakukan ekspansi dengan membuka toko omnichannel ke-50 di Bengkulu. Melanjutkan ekspansi agresif yang dilakukan sejak 2020, Sociolla memperkuat dan memperluas kehadirannya di luar pulau Jawa dengan pertumbuhan ekspansi toko sebesar 300% hanya dalam kurun waktu tiga tahun. 

Sebagai rincian, sebanyak 50 toko tersebar di 30 kota di pulau Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan Jawa. Terlebih di Sumatera, Sociolla telah membuka toko di 7 dari 10 kota terbesarnya. 

CMO dan Co-founder Social Bella Chrisanti Indiana menjelaskan perusahaannya memiliki misi  ‘liberating self-care for everyone’, menjangkau semakin banyak beauty enthusiast di seluruh Indonesia.

“Kami banyak mendapatkan feedback yang positif dari pengguna dan pelanggan di setiap toko omnichannel yang kami buka. Sekarang kami telah membuat kehadiran Sociolla jauh lebih luas melalui 50 toko di 30 kota, kami siap meningkatkan layanan kami untuk memastikan penggemar kecantikan di seluruh Indonesia dapat memiliki pengalaman belanja kecantikan terbaik, baik secara online, offline ataupun keduanya," jelasnya dalam pernyataan resmi, Kamis (16/2). 

Baca Juga: Pasar E-commerce Dibanjiri Produk Korea Selatan

Sociolla, kata Indiana, mengamati adanya peningkatan pengunjung toko yang signifikan dari tahun ke tahun. 

Menurutnya, sebagian besar didorong oleh perilaku masyarakat yang secara bertahap kembali beraktivitas normal saat memasuki era pasca pandemi.

Berdasarkan laporan dari NielsenIQ, menyatakan bahwa 6 dari 10 konsumen memiliki keinginan untuk mengunjungi toko fisik hanya untuk menelusuri pilihan produk kecantikan. 

"Sociolla juga melihat beberapa tren belanja yang menghadirkan kemudahan bagi pelanggan sejak era pandemi diprediksi akan tetap ada," ujarnya. 

Selain itu, strategi omnichannel menurutnya menjadi lebih relevan dengan perilaku pelanggan saat ini. Bertahannya preferensi digital dan omnichannel di antara konsumen Indonesia adalah salah satu dari lima tema konsumen baru yang diperkirakan akan terus berlanjut pascacovid-19.

Selama bertahun-tahun, akses yang dapat diandalkan untuk mendapatkan produk otentik dan berkualitas hanya terbatas di kota-kota besar seperti Jakarta. Melalui peluncuran Sociolla.com pada tahun 2015, ia menyatakan perusahaannya ingin menghilangkan batasan tersebut. 

Baca Juga: Live Shopping, Jurus Seller Dongkrak Penjualan

Data Sociolla menunjukkan bahwa konsumen masih sangat bergantung pada belanja online dengan peningkatan pengguna Aplikasi SOCO meningkat hingga 3 kali lipat pada tahun 2023 sejak pandemi. 

"Namun, di satu sisi Sociolla memahami pentingnya kehadiran toko fisik dalam hal produk kecantikan, pelanggan membutuhkan wujud fisik untuk melihat dan menemukan produk sesuai dengan kebutuhan mereka. Ini juga yang menjadi salah satu alasan perusahaan membawa konsep toko omnichannel di tahun 2019," sambungnya. 

"Pembukaan toko ke-50 merupakan pencapaian besar bagi perjalanan Sociolla. Seiring dengan kondisi yang terus membaik dan aktivitas kembali normal di masa pasca pandemi, kami mengharapkan antusiasme tinggi dari para pelanggan kami di kota-kota lainnya," imbuhnya. 

Sebagai informasi, saat ini, selain di kota-kota besar Sociolla Store juga secara bertahap hadir di beberapa kota lapisan ke-2 dan 3, seperti Karawang, Sidoarjo, dan Purwokerto. 

"Ke depan, kami berencana untuk terus memperluas cakupan kehadiran toko fisik Sociolla di lebih banyak kota," tutup Indiana.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar