16 April 2025
15:50 WIB
Bank DKI Update Progres Perbaikan Sistem Layanan Transfer Antarbank
Bank DKI menyampaikan proses perbaikan sistem layanan transfer antarbank saat ini masih terus berlangsung.
Editor: Khairul Kahfi
Warga menunjukkan uang bantuan sosial tunai atau BST usai mengambil di ATM Bank DKI, Jakarta, Selasa (20/7/2021). Antara Foto/Rivan Awal Lingga
JAKARTA - Bank DKI menyampaikan, proses perbaikan sistem layanan transfer antarbank saat ini masih terus berlangsung sebagai bagian dari langkah pemeliharaan sistem untuk peningkatan keandalan serta penguatan keamanan layanan perbankan.
Direktur Utama Bank DKI Agus H Widodo menjelaskan, proses perbaikan saat ini masih berada dalam tahapan validasi bersama tim internal dan eksternal.
“Dan saat ini progresnya masih sedang di tahap itu. Mudah-mudahan kalau ini bisa berjalan cepat, minggu ini kita bisa segera buka,” ujar Agus dalam media briefing yang digelar di Jakarta, Rabu (16/4).
Baca Juga: Senada Gubernur DKI Jakarta, Bank DKI Pastikan Data Dan Dana Nasabah Aman
Ia menambahkan bahwa proses validasi dilakukan secara menyeluruh bersama tim internal Bank DKI, serta melibatkan tim dari mitra teknologi seperti IBM. Guna memastikan seluruh perbaikan telah sesuai dengan standar keamanan dan performa layanan.
“Tapi kami belum bisa menjanjikan, karena nanti tim, baik tim internal, IBM maupun tim lain itu akan bareng-bareng bersama kita untuk memvalidasi apa-apa yang sudah kita kerjakan dan kita perbaiki,” tambahnya.
Agus juga menekankan, proses ini memerlukan waktu dan kehati-hatian demi memastikan keamanan sistem serta melindungi kepentingan nasabah.
“Dan itu waktunya nanti memang, ini masalah waktu ya. Harapan saya sih bisa secepatnya sehingga layanan bisa segera pulih. Tapi ini semua semata adalah untuk pengamanan nasabah juga,” ungkapnya.
Bank DKI kembali menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan yang dialami nasabah selama proses ini berlangsung. Bank DKI juga memastikan bahwa dana nasabah tetap aman dan berkomitmen menyelesaikan setiap kendala yang dihadapi nasabah dengan sebaik-baiknya.
Bagi nasabah yang ingin menyampaikan pertanyaan atau pengaduan, Bank DKI membuka akses melalui Call Center 1500-351, layanan pesan di media sosial resmi Bank DKI, atau dengan mendatangi kantor cabang maupun kantor cabang pembantu terdekat, termasuk yang tetap beroperasi selama libur Lebaran.
"Bank DKI akan terus memberikan informasi terkini kepada nasabah terkait perkembangan perbaikan layanan," tegas Bank DKI.
Baca Juga: Pramono Laporkan Bank DKI ke Bareskrim
Terpisah, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih memberikan kesempatan kepada Dirut Bank DKI Agus Haryoto Widodo untuk menyelesaikan permasalahan layanan di bank tersebut.
"Dia perusahaan BUMD dan harus juga beroperasi secara profesional," kata Stafsus Gubernur Bidang Komunikasi dan Sosial Chico Hakim melansir Antara, Rabu (16/4).
Terkait unjuk rasa yang dilakukan sejumlah orang di depan Balai Kota Jakarta sejak Selasa (15/4), Chico mengatakan, sejauh ini Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung Wibowo hanya meminta Direktur Teknologi Informasi (IT) Bank DKI Amirul Wicaksono dibebastugaskan.
“Ya gini lah, kalau kita di perusahaan, masalahnya di divisi apa gitu ya, berulang-ulang. Yang harus dimintai pertanggungjawaban kan dia," katanya.
Terhadap Direktur IT Bank DKI Amirul Wicaksono sudah diambil tindakan. "Yang kedua kan sedang ada proses, Bank DKI juga sedang berbenah," kata Chico.
Hal yang terpenting, kata Chico, masyarakat tak perlu khawatir sebab uang mereka yang masih tersimpan di Bank DKI dipastikan aman.