Selamat

Jumat, 7 Oktober 2022

NASIONAL | Validnews.id

NASIONAL

18 Agustus 2022

11:50 WIB

Wawalkot Surabaya Minta Penegakan Hukum Buang Sampah

Terutama penegakan hukum buang sampah ke sungai di Kota Surabaya.

Editor: Leo Wisnu Susapto

Wawalkot Surabaya Minta Penegakan Hukum Buang Sampah
Wawalkot Surabaya Armuji menyusuri aliran Sungai Kali Kedinding pada Rabu (17/8/2022) untuk mengecek kebersihan sungai. (ANTARA/HO-Pemkot Surabaya).

SURABAYA – Wakil Wali Kota (Wawalkot) Surabaya, Armuji meminta, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat untuk menindak warga yang kedapatan membuang sampah di sungai.

"Setiap hari dibersihkan, tetapi kalau setiap hari dibuangi sampah, ya percuma! Ayolah sama-sama kita bergerak untuk menjaga kebersihan kota ini," seru Armuji di Surabaya, Kamis (18/8) seperti dikutip dari Antara.

Dia mengatakan, pemerintah kota sudah menindaklanjuti keluhan warga perihal tumpukan sampah di Sungai Kali Kedinding Surabaya, yang sempat viral di media sosial.

Wakil Wali Kota menyusuri aliran Sungai Kali Kedinding menggunakan perahu karet pada Rabu (17/8) untuk mengecek laporan warga mengenai sampah di sungai tersebut.

Dia juga mengemukakan, rendahnya kesadaran warga untuk menjaga kebersihan lingkungan dan daerah aliran sungai terlihat dari banyaknya sampah yang setiap hari diangkut oleh satuan tugas DLH.

Menurut dia, petugas pemerintah kota sudah secara berkala berpatroli dan membersihkan sampah di daerah aliran sungai. Namun, sampah terus muncul karena warga masih membuang sampah di sungai.

"Problemnya klasik dan sebenarnya akar permasalahannya ketemu yaitu kesadaran warga, kalau tidak gayung bersambut ya nanti kalau banjir banyak yang sakit siapa yang susah," lanjut Armuji lagi.

Dia mengimbau warga di Surabaya melaporkan orang yang kedapatan membuang sampah di sungai ke pemerintah kelurahan setempat.

"Di foto nanti diserahkan ke kelurahan, kecamatan, untuk diteruskan ke saya. Kalau perlu diviralkan agar jera dan mengerti yang dilakukan itu tidak baik," kata dia.

Kepala DLH Surabaya Agus Hebi Djuniantoro sebelumnya mengungkapkan, dalam satu hari, ada 25 hingga 30 ton sampah yang ditarik dari sungai. 

Ini terlihat dari jumlah sampah yang diangkat oleh mechanical screen di sejumlah muara hingga rumah pompa. 

"Dalam sehari, ada sekitar 25-30 ton sampah yang kami ambil dari sungai di 56 screen yang kami miliki," ujar Hebi di sela pemasangan trash boom di kawasan Sungai Asemrowo, Surabaya, Selasa (28/6/2022). 

Menurut Hebi, Sungai Asemrowo merupakan salah satu penghasil sampah cukup besar. Di muara, mechanical screen bisa mengangkat sekitar lima hingga enam ton sampah tiap hari. 

"Apabila hujan, jumlah sampah yang diambil semakin banyak. Ini perlu dibagi supaya beban tidak terlalu padat. Sehingga, air bisa mengalir," kata Hebi.




KOMENTAR | Validnews.id

KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER | Validnews.id

TERPOPULER