Selamat

Kamis, 05 Agustus 2021

22 Juli 2021|20:44 WIB

PPKM Level 4, Pasar Tradisional Jakarta Buka Sampai Jam 13.00 WIB

Kapasitas pengunjung dibatasi 50%

Penulis: Seruni Rara Jingga,

Editor: Leo Wisnu Susapto

ImageIlustrasi pasar tradisional. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

JAKARTA – Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatur jam operasional pasar tradisional hingga pukul 13.00 selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

Hal tersebut tertuang dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 925 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan PPKM Level 4 Corona Virus Disease 2019.

“Pasar tradisional jam operasional dibatasi sampai dengan pukul 13.00 WIB dengan kapasitas pengunjung 50%,” demikian isi Kepgub tersebut, dikutip Kamis (22/7).

Khusus pasar induk, Anies menyatakan bahwa pasar tersebut boleh beroperasi sesuai jam operasionalnya.

Sementara itu, jam operasional supermarket, toko kelontong dan pasar swalayan dibatasi sampai pukul 20.00 WIB. Kapasitas pengunjung dibatasi sebanyak 50% dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Adapun kebijakan yang diberlakukan Anies terkait waktu operasional pada sektor kebutuhan sehari-hari tersebut sedikit berbeda dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 22 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali.

Dalam Inmendagri tersebut, jam operasional pasar tradisional sama dengan pasar swalayan, supermarket dan toko kelontong, yakni hingga pukul 20.00 WIB.

Lebih lanjut, Anies menyatakan jam operasional apotek dan toko obat di Jakarta dapat beroperasi 24 jam dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Kemudian, seluruh rumah makan, warung makan, kafe, pedagang kaki lima, dan lapak jajanan tidak diperbolehkan makan di tempat.

"Hanya menerima delivery/take away dan tidak menerima makan di tempat (dine-in)," tulis Anies.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA