PKS Kecam Isu Bubarkan MUI | Validnews.id

Selamat

Rabu, 01 Desember 2021

22 November 2021|13:43 WIB

PKS Kecam Isu Bubarkan MUI

PKS minta pemerintah perkuat MUI untuk bantu atasi persoalan bangsa

Penulis: Gisesya Ranggawari,

Editor: Leo Wisnu Susapto

PKS Kecam Isu Bubarkan MUIGedung MUI di Jakarta. Validnews/Jean Patricia

JAKARTA – Ketua DPP PKS Syahrul Aidi Maazat mengecam isu yang menginginkan pembubaran Majelis Ulama Indonesia (MUI). Ia justru meminta pemerintah untuk memperkuat MUI karena diperlukan oleh masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam.

“MUI itu harusnya diperkuat oleh pemerintah. Ulamanya diberi ruang untuk berkontribusi mengatasi persoalan bangsa. Masyarakat Indonesia masih ikut kata-kata ulama. Kita yakin itu,” ujar Syahrul kepada wartawan, Senin (22/11).

Diaa menuding, ada oknum tertentu yang memang sengaja menyebarkan isu pembubaran MUI. Menurut dia, pemerintah perlu menelusuri siapa penyebar isu ini karena telah meresahkan masyarakat dan berpotensi menimbulkan konflik.

Anggota Komisi V DPR juga meminta pemerintah berhati-hati menanggapi isu pembubaran MUI ini. Pasalnya penangkapan beberapa ulama dan pembubaran MUI menjadi isu sensitif dalam kehidupan beragama dan bernegara.

“Penangkapan beberapa ulama akhir-akhir ini merisaukan. Ditambah lagi ada narasi yang berkembang agar MUI juga dibubarkan. Kita tidak tahu narasi seperti apa dan ending bagaimana yang diharapkan oleh oknum yang menghembuskannya. Menurut kita ini berlebihan,” papar dia.

Isu pembubaran MUI mencuat setelah anggota Komisi Fatwa MUI Ahmad Zain an-Najah (ZN) ditangkap oleh Densus 88 Antiteror karena diduga melakukan tindak pidana terorisme. Isu pembubaran MUI juga sempat menjadi trending topic di Twitter.

Senada, Wakil Ketua MPR dari Fraksi PKS, Hidayat Nur Wahid (HNW) juga menolak keras pembubaran MUI. Menurut dia, MUI sangat diperlukan sebagai tuntunan umat Islam dalam urusan moderasi beragama di Indonesia dan penguatan NKRI.

HNW mengingatkan umat Islam dan pemerintah untuk waspada terhadap gerakan yang menunggangi isu terorisme dengan penangkapan terhadap salah satu anggota pimpinan MUI.

“Wacana bubarkan MUI layak dikritisi dan diwaspadai, sebagai gerakan yang menunggangi isu terorisme untuk bentuk teror yang lain yaitu membubarkan MUI. Jika demikian, maka ini merupakan agenda islamophobia dan pelecehan lembaga keagamaan," tegas HNW.

Menurut HNW, isu pembubaran MUI sejatinya bukan berasal dari pihak yang ingin memberantas terorisme. Melainkan ada pihak yang memanfaatkan isu terorisme yang diduga melibatkan salah satu anggota pimpinan MUI untuk tujuan membubarkan MUI.

"Mereka ingin melemahkan dan memecah belah umat yang mereka sadari atau tidak, bisa berujung pada pelemahan NKRI,” tutur dia.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA