Selamat

Rabu, 22 September 2021

26 Juli 2021|13:13 WIB

Perpanjangan PPKM Harus Diikuti Perbaikan Dari Pemerintah

Ada sejumlah pekerjaan rumah untuk pengendalian covid-19

Penulis: Gisesya Ranggawari,

Editor: Leo Wisnu Susapto

ImagePetugas menyuntikkan vaksin covid-19 pada calon penumpang di Stasiun Balapan Solo, Jawa Tengah. ANTARA FOTO/Maulana Surya

JAKARTA – Anggota Komisi IX DPR, Netty Prasetiyani menilai, perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4 sampai 2 Agustus 2021 harus diikuti beberapa perbaikan oleh pemerintah. Ia juga meminta pemerintah untuk meningkatkan keseriusan dalam penanganan covid-19

"Pemerintah harus fokus dan serius menjalankan PPKM dengan diikuti perbaikan. Jangan sampai ada prinsip manajemen asal bapak senang," papar Netty dalam keterangan media, Senin (26/7).

Menurut Netty, setidaknya ada sejumlah pekerjaan rumah (PR) dan catatan besar yang harus diperbaiki pemerintah terkait penanganan covid-19. Seperti testing dan tracing yang masih perlu dilakukan lebih masif.

Ia menyebut, jumlah tracing masih jauh dari standar WHO yang menyarankan minimal dilakukan pada 30 orang per 1 kasus positif. Selama masa PPKM Darurat, jumlah tracing yang dilakukan pemerintah hanya 15 orang per satu kasus positif.

"Jadi penurunan kasus per 25 Juli bukan berarti usaha penanganan pandemi telah berhasil, karena angka itu disertai oleh jumlah testing yang juga jauh menurun," lanjut Netty. 

Pemerintah, lanjut Netty, perlu   memastikan pasien isolasi mandiri (isoman) terpenuhi kebutuhannya sampai sembuh. Lantaran, kasus meninggal dari pasien isoman juga cukup tinggi yaitu 547 orang per tanggal 13 Juli 2021.

"Pasien terpaksa isoman karena over kapasitas faskes mulai dari puskesmas hingga RS. Jangan sampai kasus kematian pasien isoman terus meningkat akibat kurang pemantauan," tegas dia.

Ketua Tim Covid-19 Fraksi PKS ini mendesak agar pemerintah menjamin ketersediaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh fasilitas kesehatan, seperti obat terapi covid-19, tabung oksigen dan ventilator. Sejauh pengamatan Netty di beberapa daerah kesulitan.

Di sisi lain, pemerintah harus meningkatkan percepatan vaksinasi untuk mencapai herd immunity. Ia menyarankan agar pemerintah memperbanyak sentra vaksinasi yang mudah akses dan jangkauannya.

"Agar herd immunity dapat dicapai secepatnya. Dan juga jangan lupa pemerintah harus berikan pangan untuk masyarakat yang terdampak. Bisa berupa bansos," tutur Netty.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA