Selamat

Senin, 25 Oktober 2021

12 Oktober 2021|18:57 WIB

Kemendagri Pastikan Tak Intervensi Tim Pansel KPU-Bawaslu

Tim pansel akan segera menyusun jadwal dan rencana kerja tim seleksi hingga nanti terpilihnya calon anggota KPU dan Bawaslu

Penulis: Seruni Rara Jingga,

Editor: Nofanolo Zagoto

ImageMenteri Dalam Negeri Tito Karnavian. ANTARAFOTO/Makna Zaezar

JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memastikan tidak akan mengintervensi kerja Tim Panitia Seleksi (Pansel) calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan calon anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

Menteri Dalam Negeri (Kemendagri), Tito Karnavian  mengatakan, Kemendagri akan memberikan masukan dan saran namun tidak akan mengganggu independensi dan netralitas Tim Pansel.

"Kemendagri tentunya tidak campur mengintervensi kerja. Tim kerjanya independen," kata Tito dalam konferensi pers virtual, Selasa (12/10).

Anggota Tim Pansel ditegaskannya memiliki integritas, kompetensi serta kuat menghadapi tekanan yang datang dari pihak manapun.

"Beliau-beliau ini jagoan semua, lebih hebat dari saya. Ada Chandra Hamzah, ada Prof Hamdi Moelek, sudah pengalaman di sini," jelasnya.

Tito berharap, siapapun anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027 yang terpilih merupakan sosok yang sehat secara jasmani maupun rohani serta dapat bekerja di bawah tekanan, mengingat beban kerja penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 yang cukup berat.

"Beban kerja di 2023-2024 itu sangat berat. Ada pemilihan presiden, DPR, DPD, DPRD provinsi kabupaten/kota, dilakukan secara serentak. Dilanjutkan dengan pilkada serentak di seluruh Indonesia kecuali Yogyakarta dan daerah tingkat dua di DKI Jakarta," kata Tito.

Anggota KPU dan Bawaslu yang terpilih juga harus mampu memberikan masukan yang bisa memberikan terobosan-terobosan kreatif agar penyelenggaraan pemilu bisa lebih efisien dan singkat.

"Kriteria yang kita sampaikan sosok yang bisa bekerja sama dengan tim, dengan instansi lain, namun tetap bekerja secara independen," lanjut dia.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Timsel calon anggota KPU-Bawaslu, Juri Ardiantoro menyampaikan, pihaknya akan segera menyusun jadwal dan rencana kerja tim seleksi hingga nanti terpilihnya calon anggota KPU dan Bawaslu.

Juri memastikan, timnya akan bekerja dengan baik sesuai amanat undang-undang yang berlaku.

"Kami semua punya komitmen yang sama di timsel untuk kerja secara terbuka, transparan, tentu saja imparsial, independen, meyakinkan masyarakat," kata Juri.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER