Selamat

Rabu, 22 September 2021

26 Juli 2021|16:28 WIB

Kapolri Mutasi 504 Pati Dan Pamen Polri

Banyak promosi untuk ganti yang pensiun

Penulis: James Fernando,

Editor: Leo Wisnu Susapto

ImageLogo Polri. ANTARA

JAKARTA – Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Listyo Sigit Prabowo 504 orang perwira tinggi (pati) hingga perwira menengah (pamen).

Rotasi tersebut ditetapkan dalam lima Surat Telegram yang teregister dengan nomor ST/1506/VII/KEP/2021, ST/1507/VII/KEP/2021, ST/1508/VII/KEP/2021, ST/1509/VII/KEP/2021 dan ST/1506/VII/KEP/2021. Lima surat itu ditandatangani oleh Wakapolri, Komisaris Jenderal (Komjen) Gatot Edy Pramono atas nama Kapolri.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri, Inspektur Jenderal (Irjen) Argo Yuwono membenarkan lima surat yang dikeluarkan oleh Kapolri itu ketika ditanya Validnews, Senin (26/7).

Semetara itu, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigadir Jenderal (Brigjen) Rusdi Hartono menjelaskan, rotasi dalam rangka pemenuhan kebutuhan organisasi.

“Kebutuhan pembinaan karier I internal polri dan mengoptimalkan tugas-tugas Polri yang kian komplek,” tutur Rusdi, kepada Validnews, Senin (26/7).

Melalui surat itu, salah satu Pati yang dirotasi adalah Kapolda Aceh, Irjen Wahyu Widada. Dia menjadi Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (AS SDM) menggantikan Irjen Sutrisno Yudi Hermawan yang akan pensiun. Sementara, Kapolda Aceh akan diisi Irjen Ahmad Haydar.

Wahyu Widada merupakan ketua tim naskah yang menyusun makalah Listyo Sigit Prabowo pada fit and proper tes di Komisi III DPR sebagai calon Kapolri, pada Januari 2021.

Wahyu merupakan teman seangkatan Listyo di Akademi Kepolisian (Akpol) 1991. Dia juga merupakan lulusan terbaik alias peraih Adhi Makayasa.

Kapolri juga merotasi Irjen Muktiono dari jabatan Kadiv TIK Polri menjadi Analis Kebijakan Utama Div TIK Polri. Jabatan Muktiono diisi oleh Brigjen Slamet Uliandi, Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri.

Pengganti Slamet Uliandi akan diisi Brigjen Asep Edi Suheri yang sebelumnya menjabat Karokowas PPNS Bareskrim Polri.

Kemudian, Wakil Direktur Tindak Pidana Tertentu (Wadirtipiter) Bareskrim Polri, Komisaris Besar (Kombes) Abdul Karim dipromosikan sebagai Karokorwas PPNS Bareskrim Polri. Sementara, Kombes M Zulkarnain dipromosikan sebagai Wadirtipiter yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit I Ditipiter Mabes Polri.

Brigjen Rudi Darmoko dari Wakapolda Sulawesi Utara menjadi Widyaswara Kepolisian Utama TK I Sespim Lemdiklat Polri. Sementara, Kombes Jhonny Eddizon Isir akan menjabat sebagai Wakapolda Sulawesi Utara yang baru.

Surat Telegram itu juga menyebutkan, ada puluhan orang yang menjalani rotasi dalam rangka purna bakti. Diantaranya, Irjen Bambang Sukmamto dan Irjen Tatang karena pensiun. Sebelumnya, mereka ditugaskan di SKK Migas.

Kemudian, Irjen Fiandar selaku Analis Kebijakan Utama bidang Sespimti Sespim Lemdiklat Polri akan menjadi Pati Lemdiklat Polri dalam rangka pensiun. Kemudian, Irjen Yakobus Marjuki selaku Analis Kebijakan Utama bidang Sespimti Sespim Lemdiklat dimutasikan sebagai Pati Lemdiklat Polri dalam rangka pensiun. 

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA