c

Selamat

Senin, 27 Mei 2024

NASIONAL

22 Februari 2022

19:39 WIB

Ini Syarat Baru Urus SIM, STNK Dan SKCK

Polri meminta masyarakat untuk memahami syarat baru saat mengurus SIM, STNK dan SKCK

Penulis: James Fernando

Editor: Nofanolo Zagoto

Ini Syarat Baru Urus SIM, STNK Dan SKCK
Ini Syarat Baru Urus SIM, STNK Dan SKCK
Ilustrasi pengurusan STNK. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

JAKARTA- Markas Besar Polri mewajibkan para pemohon pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Kendaraan (STNK) dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) harus menjadi peserta aktif Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Dengan kata lain, wajib memiliki kartu BPJS Kesehatan.

Juru Bicara Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri, Komisaris Besar Hendra Rochmawan mengatakan, syarat tersebut merupakan bentuk penyempurnaan regulasi berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN. Makanya, kebijakan itu akan diterapkan di seluruh pelayanan registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor. 

"Instruksi ini ditujukan kepada 30 kementerian dan lembaga. Nah, Polri ada di nomor urut 25. Instruksi yang diberikan kepada Kapolri adalah untuk melakukan penyempurnaan regulasi untuk memastikan pemohon SIM, STNK, SKCK, adalah peserta aktif dalam program JKN,” kata Hendra, di Mabes Polri, Selasa (22/2). 

Polri meminta masyarakat untuk memahami kebijakan baru pemerintah ini. Polri segera melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait perbaikan regulasi, khususnya Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor.

"Jadi, kita harus mendukung apa yang menjadi kebijakan pemerintah untuk membangun semangat persatuan dan semangat agar warga Indonesia wajib untuk mengikuti BPJS Kesehatan,” imbuh Hendra.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menandatangani Inpres Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional pada 6 Januari 2022. Presiden ingin para menteri hingga kepala daerah dapat mengoptimalisasikan program JKN.

Selain pembuatan SIM, STNK dan SKCK, syarat menjadi peserta BPJS aktif juga diterapkan dalam beberapa sektor pelayanan publik. Misalnya ,  beli tanah, menjadi calon jemaah haji khusus dan umrah. Bahkan hal ini menjadi syarat bagi penerima Kredit Usaha Rakyat (KUR).


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar