c

Selamat

Minggu, 16 November 2025

NASIONAL

16 Desember 2023

15:06 WIB

Ganjar: E-sports Lokomotif Baru Pemanfaatan Ekosistem Digital

Ganjar-Mahfud juga berkomitmen untuk memperluas cakupan koneksi internet sampai ke pelosok perdesaan

Editor: Nofanolo Zagoto

Ganjar: <i>E-sports</i> Lokomotif Baru Pemanfaatan Ekosistem Digital
Ganjar: <i>E-sports</i> Lokomotif Baru Pemanfaatan Ekosistem Digital
Foto ilustrasi turnamen e-sports. Antarafoto

BEKASI - Calon Presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo, yakin e-sports (olahraga elektronik) dapat menjadi lokomotif baru pemanfaatan ekosistem digital.

"Saya yakin, e-sports dan olahraga pada umumnya akan menjadi lokomotif baru dalam pemanfaatan ekosistem digital. Ini menjadi refleksi bagi kita, agar kelak di kemudian hari, anak-anak muda mempunyai ruang yang lebih banyak untuk berkreasi," ujarnya saat menghadiri Tournament Mobile Legend dan Basket 3 on 3 Piala Ganjar-Mahfud di GOR Basket Kota Bekasi, Jawa Barat, seperti dilansir Antara, Sabtu (16/12).

Ia mengatakan, e-sports saat ini berkembang pesat di Indonesia dan membuka lapangan kerja baru di sektor digital. Secara khusus, Ganjar-Mahfud telah membentuk Tim Pemenangan Muda yang bertugas menampung talenta dan harapan anak-anak muda.

Selain itu, kata dia, pasangan Ganjar-Mahfud juga berkomitmen untuk memperluas cakupan koneksi internet sampai ke pelosok perdesaan agar seluruh rakyat dapat menikmati jaringan internet, sehingga persaingan bukan hanya terjadi antarorang dari satu daerah, tetapi dengan penduduk dunia.

"Kami telah berkomitmen untuk menyediakan akses internet gratis sampai ke pelosok desa untuk mendukung program pendidikan dan meningkatkan keterampilan generasi muda," ucapnya.

Ia menekankan, Ganjar-Mahfud secara konsisten mendukung berkembangnya sarana olahraga, ruang berkesenian, dan ruang kreatif lainnya agar ekspresi anak muda bisa ditampilkan serta dinikmati berbagai kalangan.

"Maka dari itu, diperlukan lebih banyak lagi creative hub di berbagai tempat hingga ke ujung Indonesia. Ini akan membuat anak-anak muda kita mendapatkan tempat berkreasi dan menunjukkan bakat-bakatnya," tuturnya.

Ia mengatakan industri e-sports dari sisi bisnis berkembang signifikan, baik melalui dukungan sponsor maupun kesempatan berkarier.

“Sejumlah instansi pendidikan sudah mulai memasukkan e-sports ke dalam kurikulum maupun kegiatan ekstra kurikuler. Kami yakin industri ini akan berkembang pesat seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi," ucapnya.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar