c

Selamat

Kamis, 30 Mei 2024

NASIONAL

04 Oktober 2022

17:19 WIB

Cara Cek Bansos PKH Dan Kartu Sembako

Bansos PKH dan Kartu Sembako mulai cair mulai dari awal Oktober hingga Desember 2022. Bagaimana cara ceknya?

Penulis: Oktarina Paramitha Sandy

Editor: Leo Wisnu Susapto

Cara Cek Bansos PKH Dan Kartu Sembako
Cara Cek Bansos PKH Dan Kartu Sembako
Ilustrasi penyaluran bansos tahap 4. ANTARA FOTO/Irfan Anshori.

JAKARTA - Bantuan Sosial (bansos) regular berupa kartu sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH) tahap 4 akan segera disalurkan oleh pemerintah mulai dari awal Oktober hingga Desember 2022.

Pemberian bansos regular ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengintervensi kemiskinan. Dengan harapan, bansos ini bisa memberikan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat, serta meningkatkan kualitas hidup mereka dari sisi pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan.

Untuk bantuan kartu sembako, masing-masing keluarga akan memperoleh Rp600 ribu yang akan disalurkan sebesar Rp200 ribu per tiga bulan atau kuartal.

Untuk bantuan PKH, besaran nilai yang diterima oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan disesuaikan berdasarkan komponen pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan. Untuk komponen kesehatan ditetapkan acuannya untuk ibu hamil mendapat tiga juta rupiah per tahun atau Rp750 ribu per kuartal. Begitu pula, untuk balita mendapat tiga juta rupiah per tahun setara Rp750 ribu per kuartal.  

Baca juga: Pengalihan Subsidi Lewat Bansos

Sedangkan, pada komponen pendidikan untuk siswa SD mendapatkan Rp900.000 per tahun atau Rp225.000 per kuartal, siswa SMP mendapatkan Rp1,5 juta per tahun atau Rp375.000 per kuartal, serta siswa SMA mendapatkan dua juta rupiah per tahun atau Rp500.000 per kuartal.

Pada komponen kesejahteraan, untuk disabilitas diberikan Rp2,4 juta per tahun atau Rp600.000 per kuartal. Sementara untuk lansia diberikan Rp2,4 juta per tahun atau Rp600.000 per kuartal.

Agar tahu hak Anda, seperti ini cek apakah anda menjadi salah satu penerima bansos kartu sembako dan PKH. 

Cara Cek Bansos PKH dan Bansos Sembako  

Ada dua cara untuk melakukan pengecekan penerima bansos yakni melalui website cekbansos.kemensos.go.id dan melalui aplikasi cek bansos.

Cek PKH dan Bansos via Situs

1. Cek penerima bansos di website cekbansos kemensos dengan buka link https://cekbansos.kemensos.go.id/.

2. Kemudian, pada kolom “Pencarian Data Penerima Manfaat Bansos” masukkan informasi wilayah domisili (provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan).

3. Selanjutnya, masukkan nama lengkap penerima manfaat sesuai KTP. Lalu, masukkan kode Captcha yang terdiri dari 8 digit huruf, pastikan semua informasi telah terisi dengan benar, lalu klik “Cari Data”.

4. Berikutnya, website akan menunjukkan data penerima manfaat bansos dan statusnya. Data yang ditampilkan terdiri dari alamat penerima, periode bansos, dan identitas penerima.

Baca juga: Presiden Akan Tambah Bansos Jika Ada Dana Lebih Di APBN

Cek PKH dan Bansos via Aplikasi 

Bagaimana cek penerima bansos melalui aplikasi cek bansos? 

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi cek Bansos di Google Play Store pada HP berbasis Android. Bila belum memiliki akun untuk login ke aplikasi Cek Bansos, silakan klik opsi “Buat Akun Baru”.

2. Kemudian, isi data diri untuk mulai membuat akun, seperti username, password, nomor Kartu Keluarga (KK), NIK, dan data sesuai KTP. Jangan lupa untuk melampirkan swafoto dengan KTP dan foto KTP.

3. Setelah data terverifikasi, akun akan diaktivasi. Bila telah diaktivasi, lakukan login pada aplikasi Cek Bansos dengan username dan password yang telah dibuat sebelumnya.

4. Pada halaman awal aplikasi, pilih menu “Cek Bansos” dan isi data sesuai KTP. Terakhir, klik “Cari Data” dan sistem akan menunjukkan data penerima manfaat bansos dan statusnya.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar