19 November 2022
16:53 WIB
Penulis: Oktarina Paramitha Sandy
Editor: Nofanolo Zagoto
JAKARTA - Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) memastikan akan menjadikan ajang Indonesia Digital Conference (IDC) 2022 untuk merefleksikan pelbagai tren dan fenomena terkini di dunia digital.
Alasannya, kata Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut, karena saat ini dunia terus bertransformasi menjadi kian digital. Hampir semua aspek kehidupan telah meninggalkan cara lama dan berlomba adu cepat menuju dunia digital.
“IDC itu ajang kita bisa berefleksi diri, kita sekarang ada di mana, siapa teman atau partner bisnis yang harus kita jaga, teknologi macam apa, dan gelombang yang akan datang seperti apa, supaya kita antisipasi lebih dini,” ujar pria yang akrab disapa Wens tersebut dalam keterangan pers, Sabtu (19/11).
Wens memastikan pelaksanaan IDC 2022 sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang fokus pada tema-tema outward looking.
IDC 2022 akan diwarnai juga dengan tema-tema yang inward looking, seperti soal-soal publisher right, soal-soal digital advertising, keamanan data, regulasi negara, dan juga model-model bisnis baru yang tak melulu bicara soal traffic atau pageviews.
“Kita sedang memasuki fase bangkit dari keterpurukan masif akibat pandemi covid-19. Dampaknya terasakan sekali oleh teman-teman media, sehingga kita perlu juga membahas beberapa topik “dalam negeri” seputar isu media sustainability,” kata Wens, yang juga CCO Kapanlagi Youniverse.
Sementara itu, Ketua Panitia IDC dan AMSI Awards 2022, Adi Prasetya, mengatakan, gelaran IDC 2022 nanti akan digelar di Hotel JS Luwansa, HR Rasuna Said Kuningan Jakarta pada 22-23 November 2022, dan berlangsung secara hibrid. Peserta yang hadir secara offline akan batasi hanya 150 orang.
“Karena masih suasana pandemi, maka kami pilih opsi hibrid. Sudah terisi pendaftar, termasuk oleh para pemimpin redaksi pengurus AMSI dari Aceh sampai Papua,” kata Adi.
Bagi masyarakat yang ingin mendaftar sebagai peserta online, bisa langsung mendaftar melalui website resmi milik AMSI maupun akun media Sosial AMSI. Namun, jika tidak sempat mendaftar, siapapun tetap bisa menyimak lewat akun youtube resmi AMSI dan akun youtube media-media anggota AMSI yang juga menyiarkannya dari 24 wilayah di Indonesia.
Ia menyebutkan, baik peserta onsite maupun online tidak dipungut biaya. Masyarakat dari kelompok profesi, mahasiswa, dan komunitas apapun, masih bisa mendaftarkan diri sebagai peserta online.
Adi menambahkan, pada IDC 2022, panitia telah menyiapkan enam sesi dengan tema soal industri, media, keuangan, telekomunikasi, periklanan, dan isu tentang perlindungan data pribadi. Semua mengacu pada tema utama “Web 3.0, Peluang dan Tantangan Model Bisnis di Era Digital”.
Sesi-sesi dan pembicaranya bisa disimak di website resmi AMSI atau di akun Instagram resmi AMSI. Sejumlah menteri kabinet, CEO, direksi, maupun praktisi dari berbagai bidang telah mengkonfirmasi akan hadir menjadi pembicara.
“Kami juga masih menunggu konfirmasi dan mengharap Presiden RI, Bapak Joko Widodo berkenan hadir dan membuka rangkaian acara IDC dan AMSI Awards 2022,” tambah Adi, yang juga Direktur Eksekutif AMSI.
Di sela-sela acara IDC 2022 juga akan diwarnai dua agenda penting, yakni peluncuran perusahaan advertising agency yang didirikan sebagai lembaga profit center milik AMSI dan penandatanganan kerja sama AMSI dengan PT Huawei Tech Investment.
Kesepakatan kerja sama ini akan membuka peluang media-media anggota AMSI di 24 wilayah, mendapatkan transfer pengetahuan dan teknologi seputar teknologi informasi, internet, cloud computing, artificial intelligence, cyber security, dan lainnya.
Puncak dari IDC 2022 akan ditutup dengan Dinner AMSI and Friends dan Malam Penghargaan AMSI Awards 2022.
Ajang penghargaan tersebut akan menjadi selebrasi bagi 15 media terbaik AMSI baik media lokal maupun media nasional yang sudah dinilai oleh dewan juri; Yosep Adi Prasetyo (Ahli Hukum Pers, sebagai ketua), Ninik Rahayu (Anggota Dewan Pers), Ignatius Haryanto (Peneliti Media UMN), Eric Sasono (Chief of Party Internews), dan Kristy Nelwan (Head Cormomm PT Unilever) masing-masing sebagai anggota.
“Sebagai ketua dewan juri, saya mengapresiasi upaya AMSI untuk penyelenggaraan AMSI Awards. Harapannya bisa memberi motivasi dan inspirasi bagi media-media siber di Indonesia dan media pada umumnya untuk terus menjadi media yang konsen terhadap kualitas jurnalisme dan bertumbuh sehat secara bisnis. Kita bisa banyak belajar dari para peserta. Siapa peraih Awardnya, tunggu tanggal 23 November,” ujar Yosep Adi Prasetyo, Ketua Dewan Juri AMSI Awards 2022.
Sekadar informasi, IDC dan AMSI Awards 2022 dapat terselenggara berkat dukungan penuh dari USAID dan Internews. Selain itu, berkat dukungan para sponsor seperti PT Astra International Tbk, Jixie, PT Huawei Tech Investment, PT Astra Honda Motor, PT Link Net Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk.