c

Selamat

Minggu, 16 November 2025

NASIONAL

22 Maret 2019

13:26 WIB

Ridwan Kamil: Kalau Bisa, Urus E-KTP Seperti Beli Tiket Pesawat Online

Gubernur Jabar mengapresiasi Kabupaten Sumedang yang sudah menjalankan program pengiriman dokumen-dokumen terkait kependudukan via pos ke rumah-rumah warga

Editor: Agung Muhammad Fatwa

Ridwan Kamil: Kalau Bisa, Urus E-KTP Seperti Beli Tiket Pesawat Online
Ridwan Kamil: Kalau Bisa, Urus E-KTP Seperti Beli Tiket Pesawat Online
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil menginginkan agar warga bisa mudah mengurus segala hal terkait dokumen kependudukan. Sebab saat ini pengurusannya bisa diselesaikan secara digital.

"Saya menyayangkan masih adanya warga yang harus kerepotan, hanya untuk mengurus dokumen-dokumen kependudukan yang dibutuhkannya. Dengan warga datang ke kantor saja sudah tidak canggih," kata Gubernur Emil, sebagaimana dilansir Antara, Jumat (22/3).

Sebagai contoh yang baik, Emil mengapresiasi Kabupaten Sumedang yang sudah menjalankan program pengiriman dokumen-dokumen terkait kependudukan via pos ke rumah-rumah warga. Warga di sana tidak perlu lagi bersusah payah ke kantor Disdukcapil hanya untuk mengambil dokumen.

Selain itu, lanjut Gubernur, contoh baik juga dicontohkan Kota Bekasi, yang mengupayakan layanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) secepat layanan pesan antar restoran cepat saji, dengan mengantar cetakan blanko langsung ke rumah pemohon.

Adapun di Kota Bekasi, mekanisme operasional layanan antar itu dilakukan melalui penempatan aparatur Tenaga Kerja Kontrak (TKK) di setiap wilayah Rukun Warga (RW).

"Inilah semangat pelayanan publik di era baru, di mana negara yang mendatangi warga, bukan selalu warga yang mendatangi negara," katanya.

Gubernur Emil juga berharap, dengan memaksimalkan layanan publik yang paling mendasar tersebut. Jawa Barat mampu menjadi provinsi digital yang berpredikat "Zero Complaint Government".

"Kalau bisa, (contoh) ngurus KTP seperti kita beli tiket pesawat online, tidak perlu lagi kita datang ke loket tiket. Atau seperti kita pesan makanan online, kita harus berpikiran seperti konsumen, dengan warga diam di rumah, tapi urusan bisa selesai," katanya.

Selain inovasi layanan, Emil juga sempat menyoroti pentingnya sosialisasi kepada masyarakat. Sebab, dari sejumlah permasalahan kependudukan yang ia dapati, tak jarang masalah pun hadir dari kurangnya pengetahuan, atau informasi dari warga itu sendiri. (Nofanolo Zagoto)


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar