c

Selamat

Minggu, 16 November 2025

NASIONAL

22 September 2020

17:37 WIB

Penggemar K-Pop Indonesia Masuk Lima Besar Paling Aktif di Twitter

Stray Kids menduduki urutan teratas untuk artis K-Pop pendatang baru yang paling sering dibicarakan di Indonesia

Editor: Agung Muhammad Fatwa

Penggemar K-Pop Indonesia Masuk Lima Besar Paling Aktif di Twitter
Penggemar K-Pop Indonesia Masuk Lima Besar Paling Aktif di Twitter
Warga mengakses layanan film daring melalui gawai di Jakarta, Sabtu (16/5/2020). Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan melakukan pungutan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10 persen bagi produk digital impor dalam bentuk barang tidak berwujud maupun jasa (streaming music, streaming film, aplikasi, games digital dan jasa daring dari luar negeri) oleh konsumen di dalam negeri mulai 1 Juli 2020. ANTARAFOTO/Nova Wahyudi

JAKARTA – Penggemar Korean Pop (K-Pop) Indonesia masuk lima besar yang paling aktif berjejaring di media sosial Twitter. Twitter Indonesia mencatat, penggemar K-Pop Indonesia berada di urutan keempat untuk audiens terbanyak dan urutan ketiga untuk volume cuitan.

Dikutip dari Antara, Selasa (22/9), pengguna Twitter di Indonesia banyak membicarakan BTS, Exo, TXT, NCT 127 dan Stray Kids. Stray Kids menduduki urutan teratas untuk artis K-Pop pendatang baru yang paling sering dibicarakan di Indonesia, diikuti oleh ATEEZ dan TXT.

Twitter mencatat terdapat 6,1 miliar cuitan tentang K-Pop selama setahun terakhir. Sementara itu, tagar #KpopTwitter sudah menjadi komunitas global. Sebanyak 20 negara aktif membicarakan K-Pop di Twitter pada periode 1 Juli 2019 sampai 30 Juni 2020.

Ranking pertama di kategori negara dengan audiens unik K-Pop terbanyak adalah Amerika Serikat, sedangkan Thailand berada di posisi pertama untuk volume cuitan. Secara global, grup BTS paling banyak di-mention di Twitter, hanya Thailand yang memiliki data berbeda, yakni GOT7.

Menurut Twitter, meski pun banyak konser dan acara artis K-Pop yang dibatalkan karena pandemi covid-19, percakapan seputar K-Pop tidak turun. Para pengguna Twitter mencuit untuk menyemangati idola mereka saat meluncurkan lagu baru atau ikut berdonasi mendukung isu tertentu.

Twitter merayakan sepuluh tahun tanda pagar (tagar) #KPopTwitter, mereka merilis data mengenai percakapan seputar K-Pop di puluhan negara hari ini, Selasa (22/9).

Head of Global K-Pop Partnership Twitter, YeonJeong Kim menjelaskan para fans yang kebanyakan berusia sangat muda dan berasal dari beragam negara, bergabung di Twitter agar bisa mengikuti keseruan percakapan #KPopTwitter dan terhubung dengan fans global lainnya.

"Kami hanya bisa mengucapkan terima kasih -- senang sekali bisa menyaksikan dan terlibat dalam perkembangan K-Pop selama 10 tahun terakhir. Ketika artis K-Pop ingin menjangkau audiens secara global, mereka datang ke Twitter untuk terhubung dengan para fans yang ingin melihat dan membicarakan apa yang sedang terjadi dengan artis favorit mereka.” Kata YeonJeong Kim melalui keterangan resminya. (Yanurisa Ananta)


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar