c

Selamat

Sabtu, 20 April 2024

NASIONAL

26 April 2021

15:22 WIB

Euforia Jakmania Diduga Langgar Prokes

Rayakan kemenangan Persija di Piala Menpora 2021

Editor:

Euforia Jakmania Diduga Langgar Prokes
Euforia Jakmania Diduga Langgar Prokes
Suporter Persija menyalakan flare saat merayakan kemenangan Persija Jakarta pada laga final Piala Menpora 2021 di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (26/4/2021). Suporter Persija The Jakmania berkonvoi memadati Bundaran HI merayakan kemenangan Persija Jakarta menjadi juara Piala Menpora 2021 usai mengalahkan Persib Bandung di Stadion Manahan Solo dengan agregrat 4-1. ANTARAFOTO/Ahmad Tri Hawaari

JAKARTA – Tim penyidik Kepolisian Daerah Metro Jaya mengaku tengah menyelidiki dugaan pelanggaran protokol kesehatan dalam kerumunan yang ditimbulkan oleh The Jakmania saat merayakan kemenangan Persija pada kompetisi Piala Menpora 2021 di depan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat.  

Kepala Biro Operasional Polda Metro Jaya, Komisaris Besar (Kombes) Marsudianto mengatakan, pihaknya tengah mendalami apakah kerumunan tersebut terbentuk secara tidak sengaja atau malah disengaja. Sebab, saat ini, DKI Jakarta masih menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Jadi, saat ini masih kami lakukan penyelidikan ya. Apakah ada yang sengaja mengajak suporter Jakmania untuk bergabung,” kata Marsudianto, saat dihubungi wartawan, Senin (26/4). 

Marsudianto menilai, arak-arakan yang dilakukan oleh para pendukung Persija itu telah melanggaran aturan PPKM berskala mikro di ibu kota. Khawatirnya, tindakan tersebut bisa menimbulkan klaster baru penularan covid-19. 

Apalagi, Marsudianto mengaku, pihaknya tidak menerima surat pemberitahuan mengenai adanya aksi keramaian di sekitar Bundaran HI itu. Dia memastikan, polisi akan bekerja secara profesional dalam mengusut dugaan pelanggaran protokol kesehatan itu. 

"Kami pasti akan profesional dalam menyelidiki dan melakukan penegakan hukum dalam peristiwa tersebut," tambah Marsudianto.

Akibat kerumunan itu, polisi menangkap sejumlah seorang orang Jakmania. Namun, Marsudianto tak merinci berapa jumlah pasti suporter Persija yang ditangkap. Dia hanya menjelaskan, ada salah satu Jakmania yang ditangkap karena kedapatan membawa narkoba jenis ganja. Marsudianto menyebut, yang bersangkutan sempat berupaya membuang selinting ganja tersebut saat hendak ditangkap.

Selain itu, ada pula sejumlah Jakmania ditangkap karena memasang knalpot racing di sepeda motornya. Bahkan, ada yang ditangkap karena mencoba melawan petugas saat hendak dibubarkan.

“Mereka sudah disuruh untuk bubar. Tetapi, mereka tidak mau. Ya sudah kami tangkap,” tambah Marsudianto.

Euforia kemenangan Persija dalam kompetisi Piala Menpora 2021 pada Minggu (23/40 malam membuat para Jakmania tumpah ruah di jalanan ibu kota. Mereka melakukan konvoi sambil bernyanyi dan berteriak.

Sayangnya, perayaan kemenangan itu tak mematuhi protokol kesehatan. Kebanyakan, masa yang mengikuti konvoi itu menggunakan sepeda motor dan tak mengenakan masker. (James Manullang)


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar