Selamat

Selasa, 21 September 2021

14 September 2021|20:02 WIB

Xiaomi Smart Glasses, Kacamata Pintar Dari Xiaomi

Dengan desain yang dibuat selayaknya kacamata biasa, alih-alih futuristik, kacamata pintar Xiaomi ini menggabungkan sistem pencitraan dan sensor melalui teknologi pandu gelombang optik MicroLED

Penulis: Arief Tirtana,

Editor: Rendi Widodo

ImageXiaomi Smart Glasses. Dok. Mi.com

JAKARTA – Raksasa teknologi asal Cina, Xiaomi mengumumkan kehadiran wearable device terbaru mereka Xiaomi Smart Glasses, Selasa (14/9).

Dengan desain yang dibuat selayaknya kacamata biasa, alih-alih futuristik, kacamata pintar Xiaomi ini menggabungkan sistem pencitraan dan sensor melalui teknologi pandu gelombang optik MicroLED.

Dengan begitu, Xiaomi Smart Glasses mampu menampilkan pesan dan notifikasi, melakukan panggilan, menavigasi, mengambil foto, dan menerjemahkan teks melalui lensa di depan mata penggunaannya. 

Bukan hanya sekadar 'layar kedua' untuk menampilkan apa yang ada pada smartphone penggunanya. Dengan berat hanya 51g, Xiaomi melakukan pengaturan sedemikian rupa agar mampu menghadirkan desain yang terlihat natural, namun juga memiliki teknologi tinggi.

Sehingga Xiaomi akhirnya mengadopsi teknologi pencitraan MicroLED, demi mengurangi ruang yang dibutuhkan dalam desain struktural, serta bobot keseluruhan perangkat.

Untuk menyesuaikan sistem pencitraan dengan mulus ke dalam bingkai, MicroLED merupakan pilihan yang dianggap paling optimal. Sebab piksel MicroLED mampu menyala satu per satu. Dan memungkinkan tampilan yang lebih cerah, serta warna hitam yang lebih pekat.

Dengan kerapatan piksel yang lebih tinggi, MicroLED juga memiliki masa pakai yang lebih lama dengan struktur yang lebih sederhana. Jadi memungkinkan tampilan yang lebih ringkas, serta integrasi layar yang lebih mudah dibandingkan layar OLED.

Untuk menghasilkan tampilan layar tersebut, Xiaomi Smart Glasses memiliki chip layar berukuran hanya 2.4mm x 2.02mm atau yang mereka sebut "kira-kira seukuran sebutir beras”.

Untuk memungkinkan cahaya yang cukup melewati struktur optik yang rumit sebelum mencapai mata penggunanya, bahkan di bawah sinar matahari langsung, Xiaomi memilih solusi tampilan monokrom ultra-efisien, yang mampu mencapai kecerahan puncak 2 juta nits.

Dengan mengadopsi teknologi pandu gelombang optik yang membiaskan cahaya pada 180°, layar MicroLED secara akurat mentransmisikan berkas cahaya ke mata manusia melalui struktur kisi mikroskopis dari lensa pandu gelombang optik.

Selain layar dengan segala kemampuannya tersebut, Xiaomi Smart Glasses juga dilengkapi dengan dua lensa kamera yang tersemat di bagian kiri dan kanan. Kamera memiliki ukuran 5MP dan dapat digunakan bukan hanya untuk mengambil foto, tetapi juga menerjemahkan teks dalam foto.

Ada juga mikrofon internal yang memiliki kemampuan algoritma penerjemahan eksklusif. Jadi Xiaomi Smart Glasses mampu digunakan untuk menyalin audio menjadi teks dengan terjemahan secara real time.

Untuk mencapai fungsionalitas tingkat tinggi ini, kacamata dilengkapi dengan prosesor ARM quad-core, baterai, panel sentuh, modul Wi-Fi/Bluetooth, sistem operasi Android, dan lampu indikator yang akan menyala saat kamera sedang digunakan.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER