WhatsApp Hadirkan Fitur Buat Stiker Sendiri | Validnews.id

Selamat

Rabu, 01 Desember 2021

25 November 2021|18:30 WIB

WhatsApp Hadirkan Fitur Buat Stiker Sendiri

Fitur baru ini sementara baru bisa dinikmati melalui layanan WhatsApp web. Pengguna bisa mengkreasikan berbagai stikernya sendiri tanpa harus mengunduh aplikasi pihak ketiga.

Penulis: Arief Tirtana,

Editor: Rendi Widodo

WhatsApp Hadirkan Fitur Buat Stiker SendiriIlustrasi WhatsApp. Pixabay/Arivera

JAKARTA - Bagi pengguna yang gemar menggunakan stiker dalam percakapannya, WhatsApp menghadirkan kabar gembira seiring diluncurkannya fitur baru pembuat stiker secara langsung di platform mereka.

Seperti diketahui sebelumnya, pengguna WhatsApp memang sudah bisa membuat berbagai stiker kreasinya sendiri untuk digunakan. Namun, itu bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi pihak ketiga yang harus ditambahkan.

Dengan dihadirkannya fitur baru ini, yang sementara hanya baru bisa dinikmati melalui layanan WhatsApp web, pengguna bisa mengkreasikan berbagai stikernya sendiri tanpa harus mengunduh aplikasi pihak ketiga.

Caranya pun cukup mudah, kita hanya cukup memilih atau meng-klik ikon create, yang muncul di bagian kiri kolom "type a message", bersebelahan dengan ikon emoticon dan juga gift.

Setelah meng-klik ikon "create", pengguna tinggal memilih gambar yang ingin dijadikan stiker, dari komputer atau laptop mereka.

Setelah dipilih, nantinya gambar akan muncul dalam halaman penyuntingan atau editing. Di mana pengguna bisa mengkreasikan stiker yang mereka inginkan, dengan berbagai tool yang disediakan di situ.

Seperti "outline" yang bisa digunakan untuk memotong gambar secara manual. "crop and rotate" untuk memotong dan memutar gambar secara otomatis. "emoji" untuk memasukan logo emoticon dalam stiker yang dibuat. 

Kemudian, "Text" untuk memasukan tulisan. "Paint" untuk membuat coretan atau tulisan secara manual. Hingga "sticker", yang memungkinkan pengguna juga memasukan stiker yang sudah disediakan, ke dalam stiker yang baru akan dibuatnya.

Selain itu juga ada tombol "undo" dan "redo" yang bisa memudahkan penyuntingan jika terjadi kesalahan.

Setelah selesai, pengguna sudah bisa langsung mengirimkan stiker kreasi buatannya itu kepada pengguna lain secara langsung.

Sayangnya setelah digunakan, stiker tersebut tak langsung secara otomatis akan terekam dalam history stiker pengguna. Dengan demikian, jika memang ingin menggunakan di kemudian hari, mereka harus memastikan telah mengunduh stiker tersebut secara manual.

Selain hanya baru bisa digunakan oleh pengguna WhatsApp web, platform berbagi pesan milik Meta tersebut juga menjanjikan bahwa fitur ini akan segera hadir untuk pengguna di aplikasi desktop.

Belum ada kabar pasti kapan fitur ini akan terus dikembangkan, hingga bisa digunakan oleh mayoritas pengguna WhatsApp yang lebih banyak menggunakan aplikasinya di atau smartphone.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER