Selamat

Sabtu, 19 Juni 2021

PARIWISATA

09 Juni 2021|19:00 WIB

Warga Karangasem ‘Sulap’ Kelapa Jadi Produk Minyak Premium

Produk ini memiliki manfaat mengurangi risiko penyakit jantung, anti bakteri dan virus, menurunkan berat badan, serta menyehatkan kulit hingga rambut.

Penulis: Andesta Herli Wijaya,

Editor: Yanurisa Ananta

ImagePeluncuran Mesari Virgin Coconut Oil (VCO) hasil UMKM Desa Antiga, Karangasem, Bali, Rabu (8/6). Dok: Ist.

JAKARTA – Warga Desa Antiga, Karangasem, Bali, meluncurkan produk olahan kelapa berupa minyak kelapa murni berkualitas premium. Produk yang diberi nama Mesari Virgin Coconut Oil (VCO) ini hasil UMKM Desa Antiga, yang tergabung dalam program CSR PT Elnusa Petrofin.

Desa Antiga terkenal dengan pohon kelapanya yang berkualitas unggul. Tim Elnusa Petrofin bersama Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) setempat kemudian menggali potensi itu untuk meningkatkan perekonomian warga.

Direktur Utama PT Elnusa Petrofin Haris Syahrudin mengatakan, produk ini ditargetkan mampu bersaing di pasaran, sehingga mampu menyejahterakan para pengrajin yang tergabung dalam UMKM.

“Kami memiliki misi di manapun kami beroperasi, kami selalu berusaha memberikan manfaat kepada masyarakat. Kami juga berterima kasih kepada seluruh pihak, terutama pemerintah setempat yang telah membantu memperlancar kegiatan CSR ini dari awal sampai akhir,” kata Haris dalam sesi peluncuran kemarin, Selasa (8/6).

Sebelum warga memproduksi minyak kelapa murni, mereka menjalani pelatihan bersama praktisi berpengalaman pada 2019. Pihak Elnusa berperan menyediakan mesin parut dan mesin pemeras kelapa, pelatihan pemasaran, dukungan permodalan awal, penamaan hingga perizinan edar produk. 

Produk Mesari VCO dijual dalam kemasan botol ukuran 250 ml. Mesari VCO mengandung rantai asam lemak trigliserida medium (MCTs) sehingga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik. Dengan sifat tersebut, produk ini memiliki manfaat mengurangi risiko penyakit jantung, anti bakteri dan virus, menurunkan berat badan, serta menyehatkan kulit hingga rambut.

Selain dapat dikonsumsi langsung, minyak ini juga bisa digunakan untuk pijat (massage) atau minyak campuran kutus.

Bupati Karangasem Bali yang diwakili Asisten III, I Gusti Gede Rincek, menyampaikan apresiasi terhadap peluncuran Mesari VCO. Ia berharap, ke depannya produk tersebut bisa berkembang dan benar-benar mampu menopang perekonomian masyarakat.

“Semoga kegiatan CSR yang positif ini dapat meningkatkan kemandirian masyarakat,” ucapnya.

Produk Mesari VCO sementara ini dibeli langsung oleh pihak Elnusa Petrofin dan Pertamina MOR V sebagai cindera mata perusahaan. Ke depannya, Mesari VCO diharapkan dapat menggaet pasar yang lebih luas di tingkat nasional.

Peluncuran Mesari VCO dilakukan di Karangasem Manggis Bali kemarin, Selasa (8/6). Turut hadir dalam peluncuran Direktur Utama Elnusa Petrofin Haris Syahrudin, Executive General Manager Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V, C.D. Sasongko, Asisten Bupati Karangasem I GUSTI Gede Rincek, serta para tokoh masyarakat.

 

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER