Selamat

Senin, 17 Mei 2021

SENI & BUDAYA

03 Mei 2021|19:38 WIB

Usung Kesetaraan Perempuan, Spotify Luncurkan “Music EQUAL"

Sampai saat ini, representasi perempuan di industri musik masih minim

Penulis: Andesta Herli Wijaya,

Editor: Yanurisa Ananta

ImageFoto Nadin Amizah terpampang di billboard di Times Square, dalam rangka kampanye "Equal" dari Spotify. Sumber foto: Ig @cakecaine/Nadin Amizah

JAKARTA – Platform streaming musik Spotify meluncurkan program “Music EQUAL” untuk mendorong keterlibatan perempuan di industri musik. Kampanye ini dilakukan dengan menghadirkan playlist artis atau penyanyi perempuan pilihan Spotify dari berbagai negara.

Melalui rilis  yang diterima, Senin (3/5), Spotify menyatakan sampai saat ini keterlibatan perempuan di Industri musik masih minim. Berdasarkan studi USC Annenberg yang disponsori Spotify, hanya ada satu musisi perempuan dari lima musisi yang ada di tangga lagu.

Untuk mendorong perempuan terlibat lebih masif lagi di industri musik global, Spotify menghadirkan playlist khusus musisi perempuan, berupa playlist musisi lokal dan global.

Playlist lokal menampilkan sederet karya musik musisi perempuan di setiap negara, sedangkan playlist global menghadirkan kompilasi musisi perempuan pilihan dari seluruh dunia.

Sederet nama beken musisi perempuan dunia muncul, antara lain Saweetie (Amerika Serikat), DUDA BEAT (Brasil), Griff (Inggris), Natalia Lafourcade (Meksiko), hingga Zoe Wees (Jerman/Inggris). Di antara nama-nama itu, ada nama musisi perempuan Indonesia, Nadin Amizah.

Spotify memilih penyanyi Nadin Amizah sebagai perwakilan Indonesia. Sebelumnya, Spotify memajang potret Nadin dan para artis pilihan lainnya di alun-alun Times Square, New York, sebagai bagian dari kampanye tersebut.

Merespon pilihan Spotify terhadap dirinya, Nadin mengaku bangga. Ia mengaku juga memiliki perhatian terhadap isu kesetaraan bagi perempuan di berbagai bidang, termasuk musik.

“Sebagai artis perempuan muda, saya menyadari bahwa membangun karir bukanlah sesuatu yang mudah. Saya senang bisa bertemu begitu banyak orang yang mengakui saya dari segi musikalitas serta kerja keras saya dalam mewujudkan semua karya saya,” ungkap Nadin dalam keterangannya, Senin (3/4).

“Memberikan kesempatan yang setara bagi perempuan dalam bermusik merupakan isu yang sangat penting karena terkadang kita hanya dinilai dari penampilan fisik kita, ketimbang dari kemampuan kita menciptakan musik yang dikenang dan bertahan lama,” imbuhnya.

Nadin berharap, kampanye Spotify ini bisa memberikan peluang besar bagi para musisi perempuan di industri musik.

“Bersama dengan EQUAL, saya berharap dapat meningkatkan kesadaran akan keberagaman talenta perempuan sehingga perempuan dapat lebih didengar dan diakui. Saya sangat senang atas kehadiran program EQUAL dan bangga sekali menjadi bagian dari program ini,” ungkap Nadin.

Nadin sekaligus menjadi sosok sampul pembuka program “Music EQUAL” untuk Indonesia. Di playlist lokal Indonesia, Nadin dihadirkan bersama sederet musisi perempuan lainnya, seperti Bunga Citra Lestari,  Rossa, Mawar de Jongh, Yura Yunita, Raisa dan masih banyak lagi. (Andesta Herli)

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER