Selamat

Minggu, 20 Juni 2021

GAYA HIDUP

12 Mei 2021|19:00 WIB

Usir Bosan Saat Lebaran Dengan Kegiatan Ini

Manfaatkan teknologi untuk tetap bisa bersilaturahmi dengan keluarga, kerabat, dan sahabat-sahabat yang berada di luar kota.

Penulis: Dwi Herlambang,

Editor: Yanurisa Ananta

ImageIlustrasi Berkumpul Bersama Keluarga. Sumberfoto: Shutterstock/dok

JAKARTA – Untuk kedua kalinya, pemerintah melarang masyarakat mudik Hari Raya Idulfitri tahun ini. Akibatnya masyarakat yang selama satu tahun penuh telah bekerja di kota harus rela menghabiskan waktu libur Lebarannya di rumah saja bersama keluarga.

Meski begitu, sebenarnya ada banyak sekali kegiatan bermanfaat sekaligus seru yang bisa dilakukan saat tak bisa mudik Lebaran. Yang pasti, tetap jaga silaturahmi dengan keluarga di daerah meskipun tidak bisa mudik.

Pertama, manfaatkan teknologi internet dengan video call untuk tetap bisa berkomunikasi dan mengucapkan 'Selamat Hari Raya Idul Fitri' kepada keluarga, kerabat, dan sahabat-sahabat yang berada di luar kota. Kalau ingin lebih serius, gunakan sarana Zoom atau Google Meet.  

Untuk yang merayakan Lebaran bersama keluarga di rumah saja, selain menikmati santap berbagai makanan khas Idulfitri bersama, buatlah suasana perayaan Lebaran tanpa mudik tetap terasa meriah. Misalnya, dengan bermain game, berolahraga bersama di halaman rumah atau membuat kerajinan tangan. 

Jika benar-benar butuh suasana baru, lakukan staycation di kota masing-masing. Pastinya tetap pastikan protokol kesehatan berjalan dengan baik.

Apalagi, ada beberapa hotel yang menawarkan paket-paket Idulfitri yang menarik untuk coba dinikmati bersama keluarga pada saat tidak mudik Lebaran. Pihak hotel akan menyajikan berbagai hidangan khas Lebaran hingga fasilitas-fasilitas khusus lainnya.

Pada saat staycation, bisa juga melakukan kegiatan movie marathon bersama keluarga. Setiap anggota keluarga bisa bebas memilih satu film favorit untuk ditonton bersama. Ditemani dengan berbagai camilan khas Lebaran, movie marathon bisa jadi alternatif kegiatan seru yang dicoba.

Untuk anak-anak muda, tentu saja bisa mengisi waktu lebaran dengan main bareng (mabar) game online dengan sahabat maupun saudara. Area pekarangan, halaman, atau rooftop rumah bisa juga dijadikan alternatif untuk mengusir rasa suntuk.

Terakhir dan paling terpenting, salah satu tradisi Lebaran adalah menyantap lezatnya ragam kuliner khas Idulfitri bersama-sama keluarga. Dengan kondisi seperti ini, masyarakat juga bisa melakukan kegiatan memasak hidangan Idulfitri bersama-sama anggota keluarga yang lain. 

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER