c

Selamat

Minggu, 16 November 2025

KULTURA

27 Juni 2024

14:03 WIB

Travel Responsibly, Program Edukasi Dorong Wisata Hijau

Hadir sebagai program 'School Break' di momen libur sekolah, Travel Responsibly akan berlangsung di sejumlah objek wisata di empat kota.

Penulis: Siti Nur Arifa

Editor: Rendi Widodo

<p>Travel Responsibly, Program Edukasi Dorong Wisata Hijau</p>
<p>Travel Responsibly, Program Edukasi Dorong Wisata Hijau</p>

Ilustrasi wisatawan berenang di air terjun. Unsplash

JAKARTA - Memanfaatkan momentum libur sekolah, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) meluncurkan program aktivasi "Wonderful Indonesia Co-Branding School Break 2024" bertajuk Co-branding: Travel Responsibly.

Menjadi strategi untuk memperkenalkan sekaligus mengembangkan pariwisata hijau dan berkelanjutan, Travel Responsibly menawarkan wisata edukasi sebagai pilihan alternatif selama libur sekolah.

Lebih detail, program ini berupaya memberikan pengalaman edukatif kepada wisatawan di beberapa objek wisata populer, mengenai dampak lingkungan dan pengolahan produk bekas menjadi sesuatu yang kreatif.

Ada sebanyak empat objek wisata di empat kota yang dipilih untuk menjadi lokasi pelaksanaan program Travel Responsibly ini selama bulan Juni-Juli mendatang, yakni Jakarta Aquarium Safari, Saung Angklung Udjo Bandung, HeHa Stone Valley Yogyakarta, dan Beachwalk Shopping Center Bali.

Bekerja sama dengan sejumlah mitra yang bergerak di bidang lingkungan dan pengelolaan sampah. Nantinya di setiap objek wisata akan ada aktivitas hingga instalasi yang mengajak pengunjung terutama dari kalangan anak untuk terjun langsung mempelajari konsep pariwisata hijau.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Made Ayu Marthini menyampaikan, pengunjung objek wisata nantinya dapat melihat pameran instalasi upcycle yang menampilkan karya seni kreatif, yang terbuat dari produk bekas pakai hasil aktivitas bisnis para mitra.

"Kami juga punya bank sampah, ini juga akan membuat instalasi dengan sampah-sampah yang dikumpulkan, jadi akan banyak kegiatan yang kita lakukan bersama dengan mitra co-branding," papar Made Ayu, dalam agenda Weekly Brief yang berlangsung di Jakarta, Senin (24/6).

Bukan hanya itu, selain pameran instalasi upcycle, pengunjung objek wisata juga bisa mempelajari waste management dan bermain games. Event ini diharapkan dapat menginspirasi terciptanya wisata hijau dan berkelanjutan bagi wisatawan.

Sementara itu dalam kesempatan sama, Paxel sebagai salah satu mitra terlibat membeberkan bukti dan dampak langsung dari program keberlanjutan yang sudah berjalan sebagai partner pariwisata hijau Kemenparekraf.

“Di Paxel ada Paxel Recycle yang sudah berjalan hampir tiga tahun, kami kemarin hitung ternyata sudah hampir sembilan juta karbon yang bisa diserahkan ke bank sampah melalui program berbentuk mengambil sampah-sampah bekas packaging ecommerce. Sirkular ekonomi ini kita bisa buktikan memang benar-benar bisa berjalan," pungkasnya.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar