c

Selamat

Sabtu, 15 November 2025

KULTURA

15 Januari 2025

12:12 WIB

TOKOUA, E-Commerce Khusus Inovasi Akademika UNAIR

TOKOUA hadir selayaknya sebuah aplikasi jual beli online yang menjual produk kepada konsumen.

Penulis: Arief Tirtana

Editor: Rendi Widodo

<p>TOKOUA, E-Commerce Khusus Inovasi Akademika UNAIR</p>
<p>TOKOUA, E-Commerce Khusus Inovasi Akademika UNAIR</p>

Tampilan antarmuka Tokoua. Dok. UNAIR

JAKARTA - Kreativitas mahasiswa atau sivitas akademika secara luas dalam mengembangkan sebuah inovasi produk bisa menjadi solusi banyak masalah di kehidupan sosial masyarakat. Namun seringkali, inovasi produk tersebut hanya berhenti pada sebuah ide, dan tak bisa menyentuh masyarakat luas karena masalah pemasaran.

Melihat kondisi tersebut, Badan Pengembangan Bisnis Rintisan dan Inkubasi (BPBRIN) Universitas Airlangga (UNAIR) berinisiatif membuat e-commerce yang fokus membantu mengembangkan penjualan produk inovasi sivitas akademika UNAIR, dinamakan TOKOUA.

Nama TOKOUA diambil dari bahasa jawa “tukuo” atau yang berarti menyuruh untuk membeli. TOKOUA hadir selayaknya sebuah aplikasi jual beli online yang menjual produk kepada konsumen, namun bedannya, produk yang dijual hanya produk hasil inovasi sivitas akademika inovasi UNAIR.

"Semua keluarga besar UNAIR termasuk alumni juga diperbolehkan dalam penjualan barang inovasi pada TOKOUA ini," terang Ketua BPBRIN UNAIR, Prof Dr Muhamad Nafik Hadi Ryandono SE M Si.

TOKOUA juga berperan sebagai hilirisasi inovasi, yakni melakukan pengolahan dari bahan mentah menjadi sebuah produk yang memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

Dengan begitu, produk yang telah teruji dan terkomersialisasi nantinya akan membantu dalam meningkatkan revenue UNAIR dan mendukung kemandirian universitas. Sekaligus membangun branding sendiri dan mempromosikan UNAIR secara keseluruhan.

"Target jangka panjangnya adalah sebuah kemandirian dari UNAIR," kata Nafik.

Saat ini TOKOUA telah menghadirkan berbagai macam produk halal dan berkualitas. Misalnya sejumlah inovasi Dosen UNAIR, seperti Exelzyme, Yorri, Ihsan Siwak, dan beberapa produk lainnya yang memiliki khasiat, baik dari produk herbal hingga aksesoris.

Selain produknya, TOKOUA juga sudah bekerja sama dengan beberapa pihak ekspedisi seperti GRAB dan JNE. Selain itu, TOKOUA juga menerima berbagai metode pembayaran sehingga dapat mencapai pasar masyarakat yang lebih luas.

Hal ini dilakukan karena penjualan produk inovasi tidak mudah dan ketika menjual pada mitra,  pembayarannya juga sangat mahal, hingga ratusan juga perbulan. Itu sebabnya kehadiran TOKOUA selain sebagai medium pemasaran produk-produk UNAIR, juga dapat memberikan kontribusi pada sosial dan masyarakat.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentarLoginatauDaftar