08 Maret 2023
19:34 WIB
Penulis: Gemma Fitri Purbaya
Editor: Satrio Wicaksono
JAKARTA - Ramadan merupakan momen yang dinantikan banyak masyarakat Indonesia, tidak terkecuali para pelaku usaha atau penjual.
Bahkan, berdasarkan data internal Tokopedia, selama Ramadan 2022 terjadi peningkatan jumlah product page view sebesar 50% dan peningkatan jumlah pesanan lebih dari 77% dibandingkan tahun sebelumnya.
Tentunya, bulan puasa bisa menjadi momen yang tepat bagi para pelaku usaha, khususnya UMKM, guna memaksimalkan strategi jualan online agar penjualan meningkat pesat.
Meski begitu, perlu strategi khusus guna meningkatkan penjualan online dengan optimal pada bulan puasa. Bagaimana caranya? Berikut tips jualan online di bulan puasa agar untung maksimal.
Lakukan Riset
Cari tahu produk apa yang sedang laris untuk ide jualan online pada bulan puasa. Ini sangat penting untuk meningkatkan penjualan online.
Platform e-commerce telah menyematkan fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan guna memungkinkan penjual melihat kata kunci yang paling sering dicari atau digunakan pembeli.
Termasuk, produk yang terpopuler berdasarkan daerah dan kategori, seperti yang ada di fitur Wawasan Pasar di Tokopedia.
Percantik Halaman Toko
Halaman toko dan produk yang menarik berpotensi membuat pembeli semakin tertarik mengklik. Karenanya, mempercantik tampilan toko di platform e-commerce agar menarik lebih banyak pembeli. Selain halaman toko, halaman produk pun penting diperhatikan para penjual.
Foto produk harus jelas dan menampilkan kelebihannya. Judul dan deskripsi pun harus lengkap supaya semakin informatif dan mengakomodasi pertanyaan dari calon pembeli.
Jual Produk Parsel
Sepanjang Ramadan 2022, penjualan parsel di Tokopedia tercatat melonjak hampir 2 kali lipat. Pada Ramadan tahun ini, penjual bisa mendongkrak penjualan melalui penjualan parsel Ramadan di platform e-commerce.
"Pelaku usaha yang menjual parsel Ramadan sangat disarankan untuk memasukkan produk yang paling populer di toko mereka ke dalam paket parsel yang akan dijual. Penjual juga bisa mengombinasikannya dengan produk serupa atau komplementer dalam parsel tersebut," ujar Direktur Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak dalam keterangannya, Rabu (8/3).
Lakukan Promosi
Selanjutnya, penjual bisa memanfaatkan kanal promosi yang ditawarkan oleh platform e-commerce yang digunakan, semisal pada TopAds dari Tokopedia Marketing Solutions. Fitur iklan terbukti mampu memaksimalkan hasil pemasaran para pelaku usaha di Tokopedia.
Semisal toko Diet Special Needs yang mengalami peningkatan kunjungan toko hingga 10 kali lipat dibandingkan sebelum memakai TopAds Tokopedia per Maret 2022.
Itulah sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan online di bulan puasa. Selamat mencoba!