Selamat

Minggu, 25 Juli 2021

GAYA HIDUP

22 Juli 2021|14:15 WIB

Tips Pakai Makeup Tanpa Korbankan Masker Dan Kesehatan Kulit

Penggunaan masker sehari-hari memang bisa menyebabkan peradangan, kemerahan, hingga jerawat di area dekat hidung dan mulut.

Penulis: Gemma Fitri Purbaya,

Editor: Yanurisa Ananta

ImageIlustrasi seorang wanita sedang ber make up sambil menggunakan masker medis. Sumber foto: Shuttersto ck/dok

JAKARTA – Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan masyarakat menggunakan masker dua lapis saat berkegiatan sehari-hari. Hal ini membuat sebagian perempuan enggan menggunakan makeup karena khawatir menimbulkan masalah kulit pada wajah.
 
Profesor dermatologi George Washington University School of Medicine and Health Sciences, Adam Friedman mengatakan, penggunaan masker sehari-hari memang bisa menyebabkan peradangan, kemerahan, hingga jerawat di area dekat hidung dan mulut. 

Meski begitu, ada, lho, cara untuk tetap bisa menggunakan makeup bahkan ketika memakai masker agar kulit tetap cantik dan kesehatan kulit tetap terjaga. Berikut tips-tipsnya dari brand kosmetik Kaila.

Sebelum memakai makeup, pastikan kulit sudah cukup terhidrasi. Salah satunya bisa dengan menggunakan toner di pagi hari. Kandungan toner dengan niacinamide dan antibacterial agent bisa membuat kulit terhidrasi, lembab, juga melindungi kulit dari bakteri jahat. 

Gunakan tabir surya untuk menjaga kulit dari paparan sinar UV A dan UV B yang bisa memberikan dampak kurang baik pada kulit.
 
Ketika memakai masker, usahakan makeup yang digunakan tidak terlalu tebal. Pilihlah produk complexion seperti cushion atau concealer yang ringan untuk menutupi noda di wajah. Atau bisa juga memilih loose powder untuk meminimalkan tampilan pori-pori dan mengontrol sebum di kulit. 

Sebaliknya, maksimalkan penampilan di area mata karena dibandingkan daerah wajah lainnya, mata yang paling sering terlihat karena tidak tertutup masker. Memberi hiasan di bagian mata juga membuat tampilan menjadi lebih segar.
 
Memilih produk makeup yang mengandung manfaat dari skincare juga bisa menjadi opsi yang patut dipertimbangkan. Apalagi saat ini juga telah banyak produk seperti itu. 

Misalnya, bedak tabur yang mengandung berbagai natural essences yang berguna untuk melembabkan dan menutrisi kulit, meminimalKAN noda hitam, membantu mengurangi iritasi ringan, hingga yang bisa mengontrol produksi sebum.
 
Setelah menggunakan makeup, selalu bersihkan wajah secara menyeluruh. Urutannya bisa dengan micellar water terlebih dahulu untuk mengangkat makeup atau kotoran yang ada di wajah. Selanjutnya, baru cuci wajah menggunakan sabun wajah agar sisa-sisa makeup atau kotoran yang tertinggal di kulit bisa menghilang.
 
Lanjutkan dengan rangkaian perawatan kulit di malam hari agar kesehatan kulit bisa terjaga, semisal dengan menggunakan toner, serum, dan moisturizer sesuai kebutuhan kulit. Dengan begitu, makeup bisa tetap digunakan tanpa harus mengorbankan penggunaan masker dan kesehatan kulit wajah.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER