Selamat

Minggu, 20 Juni 2021

GAYA HIDUP

12 Mei 2021|15:17 WIB

Tips Mengatur Keuangan Agar Tak Tekor Saat Lebaran

Jangan kalap! Belanjakan sesuai kebutuhan

Penulis: Andesta Herli Wijaya,

Editor: Satrio Wicaksono

ImageSejumlah pusat perbelanjaan memberikan potongan harga berupa diskon 30-70% guna menarik minat pembeli jelang Hari Raya Idul Fitri. Antara foto

JAKARTA – Lebaran Idulfitri adalah hari istimewa, karena itu umat muslim merayakannya dengan berbagai cara. Biasanya, lebaran selalu meriah karena di momen ini keluarga berkumpul, bersilaturahmi hingga menyantap sajian khas Lebaran bersama-sama.

Untuk menyambut hari istimewa ini, biasanya umat muslim melakukan banyak persiapan. Mulai dari belanja lebaran, membeli kue-kue hingga bahan-bahan memasak. Persiapan ini tak jarang membuat orang kebablasan dalam menjaga keuangannya. Terutama dalam memenuhi kebutuhan bahan-bahan masakan yang umumnya mengalami kenaikan.

Untuk menghindari itu, ada baiknya Anda mulai menerapkan langkah pengelolaan keuangan yang bijak. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga stabilitas keuangan di hari raya. Berikut tipsnya sebagaimana dikutip dari Lifepal;

Alokasikan Dana
Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengalokasikan anggaran khusus untuk belanja Lebaran. Apalagi dengan adanya THR sehingga Anda akan lebih leluasa dalam mengalokasikan kebutuhan Lebaran.

Saat belanja, harus disesuaikan antara kebutuhan dan kemampuan. Prioritaskanlah penggunaan uang untuk hal-hal yang benar-benar diperlukan saat Lebaran. Di samping itu, tetap anggarkan uang untuk hal-hal esensial yang sifatnya rutin, seperti menyiapkan dana darurat, asuransi kesehatan dan jiwa, asuransi mobil hingga untuk investasi.

Ingat, meski sifatnya setahun sekali, bukan berarti Anda bebas menghabiskan uang untuk belanja kebutuhan Lebaran. Kuncinya adalah jangan sampai belanja Lebaran mengganggu alokasi uang bulanan, supaya keuangan Anda tetap stabil setelah Lebaran nanti.

Dengan mengalokasikan dana sebelumnya, Anda bisa mengetahui serta mengontrol uang keluar, agar tidak kalap dalam berbelanja.

Daftar Prioritas
harus mengetahui dengan jelas kebutuhan Anda, kemudian membuat daftar prioritas. Misalnya, kebutuhan utama Anda saat Lebaran adalah baju koko atau mukena, usahakanlah untuk hanya membeli barang tersebut, bukan baju atau aksesoris lainnya.

Selain itu, untuk mendapatkan harga terbaik Anda juga bisa memanfaatkan platform jual-beli online. Namun, dalam belanja online ini Anda harus hati-hati, agar tak tergiur oleh berbagai tawaran menarik yang muncul setiap kali Anda membuka suatu produk belanjaan.

Saat Anda hanya membutuhkan baju koko, maka harus stick to it. Sebab, marketplace biasanya akan merekomendasikan aksesori lain, seperti peci atau sarung, hingga sandal pelengkap penampilan. Jangan tergoda dengan penawaran-penawaran itu, kecuali memang Anda membutuhkannya.

Cermati Syarat Ketentuan Promo
Pusat perbelanjaan hingga marketplace akan penuh promo atau diskon saat momen mendekati Lebaran. Namun, ada aturan atau syarat yang harus dipenuhi agar kita bisa mendapatkan potongan harga, bonus, cash back, dan sejenisnya itu. Terkadang, syaratnya itu harus belanja dulu dengan minimal nominal tertentu, dan kemudian baru dipotong.

Karena itulah, Anda harus mencermati setiap syarat dan ketentuan promo yang berlaku, dan kembali lagi, pertimbangkan dengan kebutuhan atau kondisi serta kemampuan, saat berbelanja keperluan Lebaran.

Misalnya, ada diskon maksimal Rp100.000. Akan tetapi, syaratnya yaitu kamu harus belanja dulu Rp2 juta. Kalau memang Anda butuh barang banyak dan harganya memang di kisaran itu, dan lalu dapat cashback pula, ya tidak masalah.

Akan tetapi, kalau hanya butuh barang-barang seharga Rp300.000 tapi memaksakan belanja Rp2 juta untuk cashback maksimal Rp100.000, wah, itu akan tampak sangat worthless! Namun bagaimanapun semua tergantung pada individu masing-masing sih.

Selain itu, jangan lupa juga untuk menghitung anggaran ongkos kirim kalau misalnya Anda akan mengirimkan belanjaan ke keluarga di luar kota. Karena ongkos kirim ini nominalnya bisa lumayan juga, terlebih kalau antarpulau.

Hal yang paling penting adalah, Anda harus selalu mempertimbangkan dengan saksama sebelum membeli dengan promo apapun.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER