Selamat

Senin, 25 Oktober 2021

30 April 2021|11:50 WIB

Tips Berpuasa Dan Berolahraga Ala Pemain NBA

NBA membagikan kisah inspiratif selama bulan Ramadan dengan kampanye #NBAFastBreak melalui para pemain muslimnya

Penulis: Gemma Fitri Purbaya,

Editor: Yanurisa Ananta

ImageEnes Kanter, Tetap Berpuasa Saat Bertanding. Sumberfoto: Twitter/(@Eneskanter)

JAKARTA – Saat ini, seluruh umat muslim di dunia tengah menjalankan ibadah puasa. Saat sedang berpuasa, bukan berarti kita tidak menjaga kesehatan fisik dengan berolahraga. Memang, olahraga saat berpuasa bukan hal yang mudah, tapi tidak mustahil untuk dilakukan.

Beberapa atlet muslim dunia seperti pemain NBA misalnya, telah berhasil membuktikan. Pemain Boston Celtics Tacko Fall, Portland Trail Blazers Enes Kanter, dan Jusuf Nurkic bisa tetap bertanding di level tertinggi walau tengah berpuasa. Dikutip dari berbagai sumber, berikut tips berpuasa ala pemain NBA.

Pilih waktu yang tepat

Penting untuk kita memilih waktu olahraga yang tepat. Pemilihan waktu olahraga yang salah akan menyebabkan tubuh kelelahan, dehidrasi, dan berpotensi membatalkan puasa. Apalagi di Bulan Ramadan, umat muslim hanya bisa makan di waktu sahur dan berbuka.

Pilihlah waktu olahraga menjelang waktu berbuka puasa. Sehingga ketika tubuh merasa lelah, bisa langsung minum untuk mengisi energi setelah berolahraga. Lakukan olahraga setelah berbuka puasa jika olahraga cukup berat. Sebelum itu pastikan dulu tubuh sudah mencerna makanan yang baru saja masuk dengan baik.

Perhatikan asupan sahur

Makanan yang dikonsumsi tidak kalah pentingnya. Hal ini perlu diperhatikan agar tubuh tetap memiliki energi cukup untuk beraktivitas seharian sekaligus berolahraga. Maka itu, makan sahur tidak boleh dilewatkan. 

Pemain Portland Trail Blazers Enes Kanter memilih memakan makanan berat saat sahur agar kebutuhan nutrisi hariannya bisa terpenuhi.

"Saat saya meminta nasehat kepada legenda NBA Hakeem Olajuwon, ia mengatakan hanya makan kurma, oatmeal, dan satu liter air di saat sahur. Saya takjub dan penasaran bagaimana dia melakukannya dan bahkan bisa memenangkan pertandingan dan menjadi MVP? Tetapi bagi saya, saya memastikan tubuh saya mendapat banyak makanan agar tidak lapar seharian," tutur Enes dalam keterangannya, Jumat (30/4).

Berlatih berpuasa

Latihlah diri Anda berpuasa dan berolahraga sebelum bulan Ramadan tiba. Hal ini bertujuan membuat tubuh terbiasa beraktivitas, terutama menahan lapar dan haus saat olahraga. Hal ini juga dilakukan Enes sehingga dirinya mampu bertahan dalam pertandingan NBA meski sedang berpuasa. 

Latihlah tubuh Anda berpuasa beberapa hari sebelum bulan Ramadan tiba. Lakukan olahraga secara bersamaan.

"Biasanya saya mempersiapkan diri dengan berpuasa satu sampai dua hari seminggu pada saat musim reguler NBA atau sebelum bulan Ramadan tiba," kata Enes.

Itulah tips berpuasa dan berolahraga ala pemain NBA. NBA saat ini membagikan kisah inspiratif selama bulan Ramadan dengan kampanye #NBAFastBreak melalui para pemain muslim di NBA. (Gemma F Purbaya)

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER