Selamat

Minggu, 20 Juni 2021

GAYA HIDUP

12 Mei 2021|12:42 WIB

Tidak Semua Santan Cocok Untuk Rendang, Ini Penjelasannya!

Salah memilih jenis santan bisa memengaruhi kelezatan masakan

Penulis: Chatelia Noer Cholby,

Editor: Satrio Wicaksono

ImageRendang atau randang adalah masakan daging asli Indonesia yang berasal dari Minangkabau. Shutterstock/dok

JAKARTA – Santan, menjadi primadona saat lebaran. Hampir semua menu makanan yang dihidangkan saat merayakan Idulfitri berbahan dasar santan. Seperti, rendang, opor ayam, hingga sayur ketupat.

Santan memang memiliki peran penting dalam membuat masakan menjadi lezat. Kenikmatan tersebut berasal dari sari kelapa, yang didapatkan dari parutan kelapa yang diperas atau disaring. Hingga akhirnya menghasilkan santan dengan kekentalan berbeda-beda. Ada tiga jenis santan, yakni encer, kental, dan instan.

Ternyata, ketiga jenis santan tersebut memiliki perbedaan kegunaannya. Yuk, simak ketiga jenis santan untuk masak apa saja!

Santan Encer
Jenis ini memiliki kandungan air yang lebih banyak, dibandingkan santan kental. Santan ini dihasilkan dari perasan ketiga saat memarut daging kelapa. Meski kurang praktis cara memprosesnya, santan encer dapat membuat rasa masakan menjadi lebih gurih dan sedap.

Nah, jenis santan encer tersebut cocok untuk membuat rendang. Pemilihan santan yang tepat merupakan salah satu kunci kenikmatan hidangan rendang.

Santan Kental
Santan kental terbuat dari kelapa tua yang diparut hingga halus. Kekentalan santan ini dihasilkan dari perasan pertama kelapa tersebut.

Teksturnya yang kental membuat santan ini mudah pecah saat dimasak. Sebab itu, proses masaknya harus diaduk agar tidak pecah dan menggumpal. Anda dapat menggunakan santan kental untuk memasak nasi uduk, nasi kuning, dan mango sticky rice.

Santan Instan
Santan praktis ini seringkali ditemui di warung maupun supermarket. Biasanya, santan ini murni dengan tambahan bahan agar cairannya tidak mudah pecah. Jenis ini memiliki tekstur lebih kental, sehingga bisa ditambahkan air agar mencapai kekentalan yang diinginkan.

Ada juga santan instan kalengan dengan tekstur cair. Nah, santan instan ini dapat digunakan untuk membuat rendang, opor, dan aneka kue.

Jadi, sudah tahu kan bedanya ketiga jenis santan di atas? Bagi Anda yang ingin memasak jangan sembarang pilih santan, apalagi untuk membuat rendang. Salah pilih santan dapat membuat rasa jadi kurang lezat. Bukan perihal merek santannya, tetapi kekentalan santan yang dihasilkan.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER