c

Selamat

Jumat, 29 Maret 2024

KULTURA

20 September 2021

14:01 WIB

The Crown Bawa Pulang 11 Penghargaan Emmy Awards 2021

The Crown sendiri berkisah tentang keluarga kerajaan Inggris dan berpusat pada Ratu Elizabeth II ketika menjabat.

Penulis: Gemma Fitri Purbaya

Editor: Rendi Widodo

The Crown Bawa Pulang 11 Penghargaan Emmy Awards 2021
The Crown Bawa Pulang 11 Penghargaan Emmy Awards 2021
The Crown. Dok. Netflix

JAKARTA – The Crown kembali mendominasi ajang Emmy Awards ke-73. Dari 24 nominasi yang ada, The Crown sukses membawa pulang 11 penghargaan pada acara yang diselenggarakan pada Minggu (19/9) waktu setempat di Los Angeles Amerika Serikat. 

The Crown mendapatkan penghargaan dari kategori Skenario untuk Serial Drama Terbaik, Editing Kamera Tunggal untuk Serial Drama Terbaik, hingga menjadi Serial Drama Terbaik di Emmy Awards 2021.

Olivia Colman berhasil mengantongi Aktris Pemeran Utama Terbaik untuk Serial Drama berkat perannya sebagai Ratu Elizabeth II di The Crown. 

Begitu juga dengan Josh O'Connor sebagai Aktor Pemeran Utama Terbaik di serial tersebut. Gillian Anderson yang tampil sebagai Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher sukses membawa penghargaan Aktris Pendukung Terbaik, bersama dengan Tobias Menzies untuk kategori Aktor Pendukung Terbaik.

Penampilan Claire Foy dalam serial The Crown kembali mendapatkan penghargaan di Emmy Awards 2021. Namun berbeda dari sebelumnya, kali ini Foy menang di kategori Aktris Tamu Terbaik dengan perannya sebagai Ratu Elizabeth II. 

Dengan begini, tercatat serial drama kerajaan Inggris itu telah mendapatkan 21 penghargaan Emmy Awards sejak pertama kali tayang di 2016 lalu.

The Crown sendiri berkisah tentang keluarga kerajaan Inggris dan berpusat pada Ratu Elizabeth II ketika menjabat. Mulai dari pertama kali menikahi Philip, Duke of Edinburgh, naik takhta, terlibat Krisis Suez, hubungannya dengan Perdana Menteri Margaret Thatcher, hingga pernikahan Pangeran Charles dan Puteri Diana Spencer. 

Saat ini, The Crown telah memiliki empat musim dan tengah merampungkan musim kelimanya yang menceritakan pemerintahan Ratu Elizabeth II di abad ke-21.

Selain The Crown, serial Netflix lainnya The Queen's Gambit juga mendapatkan 11 penghargaan di ajang Emmy Awards 2021 untuk kategori Serial Terbatas. 

The Queen's Gambit yang membawa pulang penghargaan Serial atau Antologi Terbatas Terbaik, Editing Suara untuk Serial atau Antologi Terbatas Terbaik, Sinematografi untuk Serial atau Antologi Terbatas Terbaik, Sutradara untuk Serial atau Antologi Terbaik, dan masih banyak lagi. 

Sayangnya, baik Anya Taylor-Joy maupun Thomas Brodie-Sangster gagal mendapatkan penghargaan untuk Aktris Pemeran Utama Terbaik untuk Serial atau Antologi Terbatas dan Aktor Pendukung untuk Serial atau Antologi Terbatas.

Sementara itu, serial Ted Lasso mendominasi di kategori Serial Komedi. Dari total 20 nominasi, mereka sukses mendapatkan tujuh penghargaan. Termasuk kategori Serial Komedi Terbaik, Aktris Pendukung Terbaik yang diperoleh Hannah Waddingham, Aktor Pendukung Terbaik Brett Goldstein, serta Aktor Pemeran Utama Terbaik yakni Jason Sudeikis.


KOMENTAR

Silahkan login untuk memberikan komentar Login atau Daftar





TERPOPULER