Selamat

Minggu, 16 Mei 2021

TEKNO

04 Mei 2021|18:22 WIB

Teleskop Hubble Temukan Exoplanet Termuda

Saat ini sudah berukuran sebesar Jupiter, planet terbesar di tata surya

Penulis: Gemma Fitri Purbaya,

Editor: Yohanes Satrio Wicaksono

ImageEksoplanet atau planet yang ada di luar tata surya (ekstrasurya). Sumberfoto: Shutterstock/dok

JAKARTA – Teleskop Hubble menemukan exoplanet paling muda. Menurut peneliti Hubble, planet tersebut berusia 5 juta tahun. Exoplanet yang diberi nama PDS 70b itu berjarak sekitar 379 tahun cahaya dari Bumi. Planet tersebut ditemukan jauh dari konstelasi Centaurus.

PDS 70b terbentuk dari debu dan gas yang berputar mengelilingi bintang mereka, hingga akhirnya bertubrukan dan membentuk sebuah ‘bola’. Selagi planet tersebut masih mengumpulkan massa, diperkirakan PDS 70b masih terus berkembang.

Saat ini, ukurannya sudah sebesar Jupiter, planet terbesar di sistem tata surya kita. Dalam penelitian terbaru, para peneliti mencoba memanfaatkan kesempatan ini untuk mempelajari lebih jauh mengenai PDS 70b dengan teleskop Hubble.

“Sistem ini sangat menarik karena kami bisa menyaksikan formasi sebuah planet. Ini merupakan planet paling muda yang pernah dicitrakan oleh Hubble secara langsung,” tutur salah satu peneliti dari University of Texas, Yifan Zhou dikutip dari Space, Selasa (4/5).

Melalui teleskop Hubble, peneliti juga mampu mengukur dan mengetahui radiasi dari gas panas yang muncul dari pembentukan planet tersebut. Selain itu, peneliti pun dapat mengukur langsung pertumbuhan massa dari PDS 70b. Ini menjadi pertama kalinya dalam sejarah bahwa peneliti bisa mengukur pertumbuhan massa suatu planet.

Dengan demikian, teleskop Hubble telah menemukan lebih dari 4 ribu exoplanet dan 15 citra langsung dari planet-planet itu. Kebanyakan citra yang dihasilkan Hubble tampak seperti titik kecil dan terlihat jauh, sehingga penemuan terbaru ini sangat berguna di masa depan.

“Kami masih belum mengetahui banyak tentang bagaimana planet raksasa tumbuh. Sistem planet ini memberikan kami kesempatan pertama untuk menyaksikan material yang jatuh ke dalam sebuah planet. Hasilnya akan membuka area baru untuk penelitian kami,” lanjut Brenda Bowler, salah satu peneliti lainnya.

Pengamatan untuk PDS 70b masih belum sempurna. Sebab para peneliti masih menunggu data tambahan untuk mengonfirmasi mengenai pertumbuhan massa dan menelusuri planet ini lebih jauh lagi. Mempelajari exoplanet ini juga bisa membantu memberikan detail dan secercah harapan mengenai bagaimana planet gas raksasa dapat terbentuk. 

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA