Selamat

Selasa, 21 September 2021

14 September 2021|12:44 WIB

Tanggal Rilis Android 12 Bocor Ke Publik

Lewat sebuah tangkapan layar (screenshoot), Pemimpin redaksi XDA Developers Mishaal Rahman membocorkan sebuah dokumen yang berasal dari internal Google

Penulis: Arief Tirtana,

Editor: Rendi Widodo

ImageIlustrasi Android. Pixabay/Mammela

JAKARTA – Setelah versi terakhir uji coba atau beta dirilis pekan lalu, kabar mengenai kapan operating system (OS) terbaru Google, Android 12, meluncur ke publik akhirnya terungkap.

Lewat sebuah tangkapan layar (screenshoot), Pemimpin redaksi XDA Developers Mishaal Rahman membocorkan sebuah dokumen yang berasal dari internal Google. Bahwa kemungkinan besar, OS Andorid 12 akan dirilis ke publik pada tangal 4 Oktober 2021 mendatang.

Dokumen tersebut memang tak mengungkapkan langsung tanggal perilisan Android 12. Melainkan dokumen yang digunakan oleh Google untuk menginformasikan mitra OEM (original equipment manufacturer) mereka, ketika akan berhenti menyetujui pembuatan perangkat lunak untuk berbagai versi Android.

Menurut Mishaal, dalam dokumen tersebut tanggal 4 Oktober dicantumkan Google sebagai hari dirilisnya Android Open Source Project (AOSP).

Dalam beberapa tahun terakhir, tanggal rilis AOSP selalu bertepatan dengan hari dirilisnya juga versi terbaru OS Android dalam yang sudah stabil. Sebagai contoh, versi stabil Android 10 dirilis pada tanggal 3 September 2019, sama seperti tanggal rilis dokumen rilis AOSP saat itu.

Begitupun dalam peluncuran Android 11. Terjadi pada tanggal 8 September 2020, hari yang sebelumnya sudah dikatakan Google sebagai rilis AOSP Android 11.

"Pembaruan stabil Android 12 akan dirilis pada 4 Oktober, karena saat itulah Google berencana untuk merilis ke AOSP. Tanggal rilis tentatif ini juga disebutkan oleh 3PL," tulis Mishaal dalam keterangan kalimat di cuitannya.

Setelah Google menerbitkan kode sumber di AOSP, OEM seperti Samsung, Xiaomi dan Motorola dapat mengimplementasikan versi Android baru ke dalam perangkat lunak mereka sendiri.

Menyusul beredarnya rumor perilisan Android 12 tersebut, hingga kini pihak Google sama sekali belum memberikan komentar atau keterangan resmi mereka.

Namun, jika memang benar tanggal 4 Oktober tersebut menjadi hari di mana Andorid 12 dirilis. Maka itu lebih cepat dari target pemasaran flagship Google sendiri, yang dirumorkan akan dirilis pada tanggal 19 Oktober.

Login atau Register untuk komentar.

ARTIKEL LAINNYA

TERPOPULER